Senin, 23 Nov 2020 06:56 WIB

AS Mulai Bisa Suntikkan Vaksin COVID-19 pada 11 Desember

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Vaksin COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Orang pertama di Amerika Serikat akan mendapatkan vaksin COVID-19 dalam 24 jam setelah Food and Drug Administration (FDA) memberikan izin. Penyuntikan diperkirakan bisa dilakukan pada 11 Desember ini.

"Dalam 24 jam setelah persetujuan, vaksin akan bergerak dan ditempatkan di area di mana negara bagian menginginkan dosis vaksin," kata Moncef Slaoui, kepala penasihat saintifik untuk program vaksinasi, kepada NBC, dikutip dari Reuters, Senin (23/11/2020).

Prediksi ini disampaikan 2 hari setelah Pfizer dan BioNTech mendaftarkan emergency use approval vaksin COVID-19 ke FDA. Hasil uji klinis menunjukkan vaksin ini memiliki efektivitas 95 persen.

Penasihat vaksin FDA dilaporkan akan bertemu pada 8-10 Desember, mendiskusikan persetujuan untuk vaksin yang oleh Pfizer dan Moderna diklaim 95 persen efektif.

"Rencana kami adalah bisa mengirim vaksin ke tempat imunisasi dalam 24 jam setelah persetujuan," kata Slaoui.

"Jadi saya berharap mungkin dalam dua hari setelah persetujuan, pada 11 atau 12 Desember," lanjutnya.



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)