Senin, 23 Nov 2020 15:44 WIB

Olahraga Aman untuk Penderita Penyakit Jantung, Ini Tipsnya

Lusiana Mustinda - detikHealth
Adult running women exercise outdoor. She is exhausted after hard training, portrait Foto: Getty Images/svetikd
Jakarta -

Olahraga adalah bagian penting untuk menjaga kondisi Anda tetap sehat dan fit. Akan tetapi untuk seseorang yang mengalami penyakit jantung tentu perlu memilih olahraga apa yang cocok.

Sebelum memutuskan untuk berolahraga sebaiknya periksa dan konsultasi dulu kepada dokter. Beberapa jenis gerakan olahraga seperti push up dan sit up sebaiknya dihindari. Pastikan bahwa mengangkat dan mendorong benda berat dan tugas-tugas seperti menyapu dan menggosok tidak dilarang. Lakukan apa yang Anda rasa tanpa merasa lelah.

Berikut tips olahraga untuk seseorang dengan penyakit jantung:

1. Lakukan dengan santai

Jangan lakukan terlalu banyak dan cepat. Berikan waktu tubuh Anda untuk beristirahat saat melakukan olahraga.

2. Jangan berolahraga di luar ruangan

Sebaiknya jangan melakukan olahraga di luar ruangan yang terlalu dingin, panas atau lembap. Kelembapan yang tinggi bisa membuat Anda lebih cepat lelah. Suhu yang ekstrim dapat mengganggu sirkulasi sehingga membuat sulit bernapas dan menyebabkan nyeri dada. Aktivitas dalam ruangan seperti berjalan pagi sekitar komplek adalah pilihan terbaik.

3. Tetap terhidrasi

Minumlah air bahkan sebelum Anda merasa haus terutama saat cuacanya sedang panas. Selain itu, hindari mandi air panas dan dingin yang ekstrim atau mandi sauna setelah berolahraga. Suhu ekstrim bisa membuat jantung bekerja lebih keras.

4. Lakukan perlahan

Jika olahraga rutin Anda terganggu selama beberapa hari karena sakit atau cuaca sedang buruk sebaiknya lakukan kembali latihan Anda. Mulailah dengan aktivitas yang lebih singkat dan tidak terlalu intens dan secara bertahap tingkatkan hingga Anda kembali ke level sebelumnya.

Halaman selanjutnya, olahraga yang perlu diperhatikan bagi penderita jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2
dMentor
×
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah Selengkapnya