Selasa, 24 Nov 2020 07:31 WIB

Daftar Harga Vaksin yang Efektivitasnya 70-90 Persen, Mana yang Termurah?

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Covid-19: Apakah mungkin akan ada lebih dari satu vaksin virus corona? Deretan harga vaksin COVID-19, mana yang termurah? (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Berbagai upaya dilakukan guna mengatasi pandemi COVID-19, salah satunya adalah mengembangkan vaksin. Perlu diketahui bahwa pengembangan vaksin memerlukan waktu yang lama untuk uji klinis agar terbukti aman dan efektif.

Lewat uji klinis yang dilakukan dalam beberapa tahapan, terdapat beberapa vaksin COVID-19 yang diklaim efektivitasnya capai 70 hingga 90 persen. Perusahaan yang memproduksi vaksin tersebut memasang kisaran harga untuk masing-masing vaksin.

Berikut harga yang dipatok untuk kandidat vaksin COVID-19 yang tingkat efektivitasnya 70 hingga 90 persen.

1. Vaksin Moderna

Vaksin yang dikenal dengan nama ilmiah mRNA-1273 ini dikembangkan okeh perusahaan bioteknologi Amerika Serikat, Moderna. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan National Institutes of Health.

Dalam penelitian terakhir, vaksin buatan Moderna diklaim mempunyai efektivitas 94,5 persen. Vaksin bekerja dengan menyuntikan materi genetik virus, mRNA ke dalam sel manusia.

Melansir dari CNA, vaksin tersebut akan dijual dengan harga US$25-US$37 atau setara Rp 354 ribu hingga Rp 524 ribu per dosisnya.

2. Vaksin Pfizer

Vaksin pfizer ini dinilai memiliki tingkat efektivitas hingga 95 persen. Tak hanya itu, sejauh ini vaksin tersebut tidak memiliki efek samping serius.

Melansir dari New York Times, harga yang dipatok untuk vaksin ini adalah US$ 39 atau setara Rp 552 ribu untuk dua suntikan. Perdosisnya Anda perlu merogoh kocek sebesar US$ 19,50 datau setara Rp 276 ribu

3. Vaksin AstraZeneca

Vaksin ini dijual relatif lebih murah dibandingkan dengan vaksin lainnya. Menurut Financial Times, vaksin ini diharga US$3-US$4 atau sekitar Rp 42 ribu-Rp 56 ribu per dosis. Vaksin ini butuh 2 dosis untuk memberi perlindungan maksimal.

Vaksin yang dikembangkan AstraZeneca bersama Universitas Oxford diklaim efektivitas lebih dari 70 persen dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

4. Vaksin Sputnik V

Melansir dari TASS, Russian Direct Investment Fund menjelaskan bahwa vaksin Sputnik V ini diklaim memiliki tingkat efektivitas sebesar 92 persen.

Dalam uji klinis sampai saat ini belum ditemukan efek samping tak terduga dari vaksin, walaupun ada beberapa efek samping jangka pendek, seperti nyeri di bagian suntikan, sindrom mirip flu termasuk peningkatan suhu tubuh, kelelahan, dan sakit kepala.

Untuk harga, RDIF memastikan bahwa vaksin ini akan dijual lebih murah dibandingkan Pfizer dan Moderna. Dubes Rusia Vorobieva juga menyebut harga vaksin Rusia diperkirakan bisa tiga kali lebih murah dari vaksin-vaksin lain.

"Harga final dari vaksin Sputnik V akan lebih rendah dari vaksin lainnya berdasarkan estimasi kami, seperti dua atau tiga kali lebih murah," terangnya beberapa waktu lalu.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)