Selasa, 24 Nov 2020 12:59 WIB

3 Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
omelet Foto: shutterstock
Jakarta -

Sarapan sangat penting bagi tubuh agar kita dapat beraktivitas dengan penuh energi. Bahkan ahli gizi mengungkapkan sarapan merupakan waktu makan terbaik dalam sehari. Sarapan pagi juga sangat penting karena menjadi bekal energi dan bisa menjaga tubuh sehat secara keseluruhan. Oleh karena itu, asupan energi pada saat sarapan harus bergizi seimbang.

Apalagi bagi orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, menentukan menu sarapan sehat merupakan keharusan. Melansir Low Cholesterol Recipes, berikut 3 menu sarapan sehat yang bisa kamu pilih.

Omelet Super

Omelet atau biasa dikenal dengan telur dadar merupakan menu sarapan favorit semua orang. Agar makin sehat, kamu bisa menambahkan irisan tomat, jamur dan bayam dalam 3 buah telur kocok. Tambahkan sedikit garam dan merica sebagai penambah rasa. Lalu goreng dengan minyak zaitun dan gunakan api kecil hingga matang. Omelet super pun siap untuk dihidangkan.

Sebagai catatan telur merupakan makanan yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Namun masih aman dikonsumsi jika tidak berlebihan. Konsumsi telur yang baik yaitu sekitar 2-3 butir per minggu. Omelet dengan tambahan sayur-sayuran hijau merupakan kombinasi yang tepat agar kolesterol dalam telur tetap bisa diatasi.

Roti Panggang, Salmon, Telur Rebus, & Alpukat

Jika kamu punya bujet lebih, kamu bisa coba menu sarapan yang satu ini. Pertama, panggang roti kemudian oleskan alpukat yang sudah dihaluskan dan salmon yang sudah diasap. Kemudian rebus telur selama 3,5 - 4 menit, angkat dan di atas salmon. Terakhir taburi merica sebagai perasa.

Bubur Madu dan Berry

Untuk membuat bubur madu dan berry, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah secangkir bubur atau gandum, air, buah atau biji-bijian kering, berry segar, dan madu murni. Langkah pertama yaitu membuat buburnya dengan mencampurkan secangkir bubur atau gandum dengan air matang lalu aduk. Tambahkan madu dan ciptakan konsistensi yang kamu inginkan. Terakhir tambahkan buah atau biji-bijian kering dan letakkan berry segar di atasnya.

Itu dia 3 inspirasi menu sarapan sehat bagi penderita kolesterol. Kira-kira kamu mau coba yang mana nih? Pastinya ketiga menu tersebut dijamin rendah kolesterol karena bahan-bahan serta cara pembuatannya.

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, imbangi juga dengan berolahraga secara teratur dan hindari rokok serta minuman beralkohol.

Kamu juga bisa mengurangi kadar kolesterol dengan minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(mul/ega)