Selasa, 24 Nov 2020 12:35 WIB

Dialami Helmy Sungkar Sebelum Meninggal, Ini Cara Cegah Stroke Sejak Dini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Helmy Sungkar (Kiri) dan Rifat Sungkar (kanan) Foto: Instagram Rifat Sungkar
Jakarta -

Helmy Sungkar, tokoh otomotif nasional meninggal dunia hari ini pagi pukul 06.10 WIB. Menurut keterangan anaknya, Rifat Sungkar, ia meninggal dunia usai mengalami stroke yang cukup berat.

"Sepertinya ini adalah yang terbaik dari semuanya. Karena Papa juga sudah mengalami hal yang berat untuk kehidupannya. Penyakitnya cukup berat, yaitu stroke untuk yang ke-11 kalinya," kata Rifat dalam video yang diunggah di Instagram Stories Rizal Sungkar, Selasa (24/11/2020).

Stroke juga umumnya disebut dengan penyakit silent killer. Hal ini disebabkan karena stroke datang secara mendadak sehingga pasien seringnya tak mendapat pertolongan karena stroke tak memiliki gejala khusus.

Selain itu, usia muda juga bukan berarti bebas dari stroke. Namun, semakin tua semakin tinggi risiko mengidap stroke.

Ada berapa kebiasaan yang bisa mencegah beberapa penyakit stroke. Salah satunya ruting mengontrol tekanan darah.

1. Rutin mengontrol tekanan darah

Saat tekanan darah tinggi, risiko terkena stroke meningkat. Sebisa mungkin untuk mulai mengurangi asupan garam, lemak dan rutin mengontrol tekanan darah ke dokter.

Lebih baik lagi jika kamu juga rutin melakukan medical check up, agar kondisi tubuh bisa diketahui secara jelas.

2. Menghentikan kebiasaan merokok

Ada beragam risiko yang bisa timbul dari kebiasaan merokok, salah satunya stroke. Bahkan, perokok dua kali lipat berisiko terkena stroke karena kandungan nikotin berbahaya bagi jantung.

Merokok bisa membuat darah lebih kental sehingga adanya penimbunan plak di pembuluh darah. Hal ini menyebabkan aliran darah dan oksigen ke otak lantas terhambat sehingga terkena stroke.

3. Olahraga dan banyak bergerak

Rutin menyisihkan waktu untuk banyak bergerak dan olahraga bisa menurunkan risiko terkena stroke. Mulailah untuk sekedar berjalan santai, bersepeda hingga memperbanyak gerak dengan naik turun tangga.

Jika kamu banyak bergerak dan olahraga, tingkat kolesterol dan tekanan darah akan menurun.

4. Memperbanyak konsumsi sayur

Memperbanyak konsumsi sayur juga bisa mengurangi risiko berbahaya seperti stroke, diabetes dan obesitas hingga kolesterol. Sedini mungkin mulai kurangi makanan yang tinggi kolesterol, lemak, dan garam.

5. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan tubuh ideal tak hanya baik untuk penampilan, salah satu faktor penyebab stroke juga bisa karena obesitas atau kelebihan berat badan.

Lagi-lagi, memperhatikanasupan yang dikonsumsi tiap hari menjadi kunci utama agar terhindar dari stroke sedini mungkin.



Simak Video "Awas! Wanita Rentan Terkena Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)