Rabu, 25 Nov 2020 09:03 WIB

Susul Pfizer, Vaksin COVID-19 Sputnik V Rusia Diklaim Efektif 95 Persen

Ayunda Septiani - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Ilustrasi vaksin. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Kabar baik datang dari vaksin buatan Sputnik V. Berdasarkan data interim kedua uji klinis fase akhir menyatakan bahwa vaksin COVID-19 buatan Rusia ini 95 persen efektif lawan COVID-19.

Efektivitas vaksin Sputnik V berasal dari data awal yang diperoleh 42 hari setelah dosis pertama. Pada hari ke-28 efektivitas vaksin mencapai 91,4 persen dan pada hari ke-42 setelah dosis kedua kemanjuran di atas 95 persen.

"Kemanjuran vaksin di atas 95 persen," ujar Kementerian Kesehatan Rusia seperti dikutip dari laman The Moscow Times.

Data ini berasal dari 39 relawan COVID-19, tetapi tidak disebutkan jumlah kasus virus Corona yang digunakan untuk membuat perhitungan akhir.

"Analisis kedua dilakukan seminggu setelah sukarelawan mendapat dosis kedua, yang berarti tubuh mereka sebagian bereaksi terhadap dosis tersebut," ujar Direktur Gamaleya Alexander Ginzburg.

Ia mengatakan pihaknya berharap tingkat kemanjuran menjadi lebih tinggi tiga minggu setelah dosis kedua. Uji vaksin Sputnik V saat ini sedang berlangsung di Uni Emirat Arab, Venezuela, Belarusia, dan beberapa negara lainya.

Rusia menjadi negara pertama yang mematenkan vaksin COVID-19 pada Agustus lalu, padahal vaksin ini belum lulus uji klinis. Rusia juga baru saja mematenkan vaksin COVID-19 bernama Epi VacCorona.

Hasil uji klinis ini sama efektifnya dengan vaksin Pfizer dan BioNTech yang juga telah mengumumkan vaksin buatannya memiliki tingkat kemanjuran hingga 95 persen lawan COVID-19.



Simak Video "Rusia Tawarkan Vaksin Sputnik V Murah ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)