Rabu, 25 Nov 2020 12:09 WIB

Boleh-boleh Saja Makan Mi Instan Pakai Nasi, Asal...

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Mi xao vietnamien végétarien avec du riz blanc. Bolehkah makan mi instan pakai nasi? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Mi instan menjadi salah satu pilihan makanan dengan harga yang terjangkau, mengenyangkan, dan pastinya enak. Tak jarang sebagian orang menambahkan nasi saat mengkonsumsinya.

Namun, banyak yang khawatir jika mengkonsumsi keduanya secara bersamaan bisa menyebabkan kegemukan hingga diabetes. Sebenarnya bahaya nggak sih makan mi dan nasi berbahaya?

Menurut Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Wilayah Jabodetabek Prof Dr dr Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, mengkonsumsi mi instan dengan nasi secara bersamaan itu boleh-boleh saja. Tetapi, perlu adanya proses pembakaran yang seimbang.

"Mi ini kan kira-kira sama kayak konsumsi nasi 1 setengah gelas. Jadi kalau sudah makan nasi pakai mi ya aktivitas gerak atau pembakaran harus seimbang. Kalau dibarengi olahraga dan aktivitas banyak, ya nggak apa makan mi instan dan nasi," jelasnya pada detikcom beberapa waktu lalu.

Senada dengan Prof Mardi, dr Rudi Kurniawan dari Sobat Diabet mengatakan memang makan mi instan dengan nasi bukanlah kombinasi yang ideal, karena keduanya memiliki karbohidrat yang tinggi.

Namun, kombinasi kedua makanan ini masih boleh saja dikonsumsi asal pembakaran kalori yang keluar juga harus seimbang dengan apa yang dikonsumsi.

"Karbohidrat memang perlu. Kalau aktivitas kita ekstra, kebutuhan kalorinya kan juga lebih banyak. Jadi emang harus seimbang apa yang masuk dengan keluar," kata dr Rudi.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)