Rabu, 25 Nov 2020 15:16 WIB

Kandungan Gizi Lobster, Seafood Mahal yang Menjerat Menteri Eddy Prabowo

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Nelayan Tolak Rencana Ekspor Benih Lobster Lobster. (Foto: Vadhia Lidyana/detikcom)
Jakarta -

Lobster kini tengah disorot setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus ekspor benih lobster. Lobster diketahui punya nilai jual tinggi dan banyak ditemukan di Indonesia.

Di samping itu, lobster diketahui adalah makanan laut yang populer dengan kandungan gizi yang mengesankan. Lobster adalah sumber tembaga dan selenium juga mengandung fosfor, vitamin B12, magnesium, vitamin E, dan sedikit asam lemak omega-3.

Dikutip dari Medical News Today, banyak penelitian menunjukkan mengonsumsi lobster dan jenis seafood lainnya dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung sekaligus meningkatkan kadar kolesterol yang sehat.

Terlepas dari reputasinya sebagai makanan berkolesterol tinggi, lobster memiliki beberapa nutrisi yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Asupan makanan laut seperti lobster, dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah. Manfaat ini dikaitkan dengan tingginya kandungan asam lemak omega-3: EPA dan DHA dalam makanan laut.

Karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan omega-3, mengonsumsinya melalui makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian sangatlah penting.

Selain itu lobster adalah sumber kolin yang luar biasa. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kolin yang cukup selama kehamilan memberikan manfaat jangka panjang bagi fungsi memori anak-anak mereka.



Simak Video "PCR Rp 300 Ribu, Menkes: Termurah dan Tidak Ada Subsidi Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)