Kamis, 26 Nov 2020 06:20 WIB

10 Cara Mengecilkan Perut Cepat, Aman, dan Sehat

Rosmha Widiyani - detikHealth
ilustrasi perut Foto: iStock/10 Cara Mengecilkan Perut Cepat, Aman, dan Sehat
Jakarta -

Lingkar perut dapat mengindikasikan kondisi kesehatan sehingga dianjurkan jangan terlalu besar. Lemak viseral yang menumpuk di sekitar perut meningkatkan risiko terkena gangguan jantung, kolesterol, diabetes, dan hipertensi.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan batas aman lingkar perut pria adalah 90 sentimeter sedangkan wanita 80 sentimeter. Jika lingkar perut lebih dari ukuran tersebut, disarankan segera menerapkan pola hidup sehat untuk mengecilkan ukurannya.

Dikutip dari Good Housekeeping, perubahan kecil yang sehat dan rutin dilakukan ternyata bisa mengurangi ukuran lingkar perut. Perubahan bisa dimulai dari bahan camilan yang dikonsumsi setiap hari.

"Cara yang paling mudah buatlah makanan atau camilan dengan bahan utama sayur dan buah. Camilan bisa ditambah bahan lain yang juga baik untuk kesehatan," ujar dietitian Jaclyn London MS, RD, CDN direktur nutrisi Good Housekeeping Institute.

Mengecilkan perut ternyata bisa dilakukan dengan cara yang cepat, aman, dan sehat. Tentunya cara ini harus dilakukan teratur dan berlanjut hingga lingkar perut mengecil dibanding sebelumnya.

Bagaimana cara mengecilkan perut dengan cepat?

1. Tidur tepat waktu

Selalu tidur tepat waktu ternyata membantu menghindari keinginan dan makan pada malam hari, yang berisiko bagi kesehatan. Apalagi jika menu yang dipilih bukan hidangan yang penuh kandungan nutrisi.

2. Jangan telat makan

Cara mengecilkan perut dengan cepat yang lain adalah makan tepat waktu sebelum tubuh merasa sangat lapar. Telat makan berisiko mengakibatkan lapar mata, hingga asal pilih hidangan yang meningkatkan ukuran lingkar perut.

3. Sempurnakan postur tubuh

Figur dan postur tubuh yang tegak ternyata tidak hanya terlihat baik saat duduk, berdiri, dan mengenakan berbagai model baju. Tubuh tegak mengingatkan tiap orang untuk menahan otot perutnya supaya tetap tertahan dan kencang.

4. Minum cukup air

Tubuh yang terhidrasi membantu mengendalikan rasa lapar dan memastikan kecukupan cairan dalam tubuh. Kecukupan cairan juga membantu metabolisme dan fungsi tubuh tetap baik tiap saat.

5. Cukup makan buah dan sayur

Buah dan sayur memastikan kecukupan nutrisi, mengendalikan rasa lapar, dan membantu lingkar perut tidak terlalu besar. Sebagai selingan, tidak ada salahnya sesekali mengkonsumsi makan buah dan sayur dengan kandungan air tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
dMentor
×
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah Selengkapnya