Kamis, 26 Nov 2020 12:15 WIB

Jadi Barang Bukti yang Disita KPK dari Edhy Prabowo, Apa Itu Wheelset?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
KPK memamerkan barang bukti dari kasus yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Terdapat barang-barang mewah yang disita KPK dalam kasus ini. Jadi barang bukti yang disita KPK dari Edhy Prabowo. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso, rifki/ detikcom)
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menghabiskan sekitar Rp 750 juta untuk membeli barang-barang mewah yang dijadikan barang bukti dalam kasus korupsi yang menjeratnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum lama ini memamerkan sejumlah barang bukti seperti jam tangan Rolex, tas Louis Vuitton. Selain itu penyidik KPK menunjukan wheelset sepeda beserta rangka yang disita.

Belum dijelaskan secara spesifik jenis sepeda yang terkait dengan barang bukti tersebut, tetapi diyakini berjenis roadbike.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud wheelset sepeda itu?

Wheelset adalah salah satu komponen sepeda yang memiliki fungsi sebagai penahan beban, peredam getaran dari jalan dan menjadi penyalur tenaga dari rider. Wheelset dirancang agar pas dengan rangka sehingga bisa menahan sepeda.

Dikutip dari laman Bike Exchange, wheelset terdiri dari empat komponen utama yang berpengaruh pada bobot dan performanya. Komponen ini dapat mempengaruhi kualitas pengendaraan, kecepatan, dan kinerja pengereman.

Adapun komponen wheelset antara lain rim, hub, spokes, dan nipples. Pilihan wheelset juga tergantung pada jenis sepeda yang digunakan. Wheelset untuk sepeda jenis road bike akan berbeda dengan mountain bike.



Simak Video "Pesepeda Indonesia Kian Banyak, Gimana Fasilitas Umum Pendukungnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)