Jumat, 27 Nov 2020 06:20 WIB

7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Bantu Lawan Infeksi

Puti Yasmin - detikHealth
Coriander Foto: Getty Images/iStockphoto/Jonathan Austin Daniels/7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Bantu Lawan Infeksi
Jakarta -

Ketumbar menjadi salah satu rempah-rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini mengandung vitamin C hingga Kalium yang bagus untuk kesehatan.

Tak hanya dioleskan pada bagian tubuh tertentu, manfaat ketumbar juga biasa dinikmati dengan cara mengonsumsi air rendaman ketumbar.

Manfaat Ketumbar dikutip dari Healthline:

  • -Menurunkan Gula Darah

Tingkat gula darah yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. Nah, biji, ekstrak, maupun minyak ketumbar bisa mengatasi hal ini karena bisa menurunkan gula darah.

Namun, bagi seseorang yang memiliki darah rendah harus berhati-hati ketika mengonsumsi ketumbar. Pasalnya, ketumbar dapat menurunkan gula darah dengan mengaktifkan enzim tertentu.

  • -Lawan Infeksi

Ketumbar mengandung senyawa antimikroba sehingga bisa melawan infeksi dan penyakit bawaan makanan. Salah satu bakteri yang bisa dilawan adalah Salmonella yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

  • -Meningkatkan Pencernaan dan Kesehatan Usus

Minyak yang diekstrak dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan sehingga jauh lebih sehat. Mengonsumsi ketumbar bisa menurunkan nyeri pada perut, kembung.

Selain itu, manfaat ketumbar yang lain pada pencernaan bisa merangsang nafsu makan.

  • -Melindungi Kesehatan Otak

Penyakit otak, seperti Parkinson, Alzheimer berkaitan dengan peradangan. Nah, ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa melindungi otak dari penyakit ini.

Selain itu, ketumbar juga mampu mengatasi kecemasan. Hal ini sama efektifnya dengan obat kecemasan yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengurangi gejala.

  • -Menyehatkan Jantung

Manfaat ketumbar untuk jantung bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah tinggi. Pasalnya, ekstrak ketumbar bisa membuang kelebihan sodium dan air sehingga tekanan darah ikut menurun.

  • -Meningkatkan Kekebalan

Kandungan antioksidan pada ketumbar dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Berdasarkan penelitian, ekstrak biji ketumbar bisa menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, hingga usus besar.

  • -Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat ketumbar yang lain adalah mengatasi penyakit kulit, seperti ruam akibat dermatitis. Selain itu, ketumbar bisa melindungi kerusakan sel kulit karena mengandung zat antioksidan.

Hal itu didapatkan dengan mengolah ketumbar menjadi minuman, seperti air rebusan dan jus. Cara membuat air rendaman ketumbar yakni dengan merendam 10 gram ketumbar dalam segelas air dan biarkan selama semalam.

  • Kapan Sebaiknya Minum Air Rebusan Ketumbar?

Dikutip dari buku 'Kiat Sehat Herbal Ala Rumahan' terbitan Nubar, air rebusan ketumbar sebaiknya dikonsumsi dua kali dalam sehari. Disarankan untuk mengonsumsi minuman ini saat perut masih kosong.

Detikers juga bisa menambahkan susu, gula, maupun kapulaga saat meminum manfaat ketumbar. Selamat mencoba!



Simak Video "WHO: COVAX Sudah Sepakati Pembelian 40 Juta Vaksin Pfizer"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)