Jumat, 27 Nov 2020 09:21 WIB

Habib Rizieq Dirawat karena Kelelahan, Kenali Macam-macam Penyebabnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab akhirnya tiba di Indonesia. Habib Rizieq langsung keluar dari Terminal 3 dan langsung berorasi. Habib Rizieq dirawat di RS karena kelelahan. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Simpang siur soal kabar Habib Rizieq Syihab mulai jelas diketahui publik. Habib Rizieq dan istrinya saat ini dirawat di RS UMMI, Kota Bogor, Jawa Barat.

FPI menyampaikan Habib Rizieq dalam kondisi baik. Dia hanya sedang check-up di rumah sakit karena kelelahan usai bertemu dengan pendukungnya.

"Alhamdulillah, IB-HRS dalam kondisi sangat baik, sehat walafiat. Sejak kemarin IB-HRS datang ke RS UMMI meminta 'General Check-Up' karena sempat kelelahan saat disambut, disalami, dipeluk, dan diciumi ribuan umat Islam yang rindu dan antusias," Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif saat dihubungi terpisah, hari ini.

Kondisi kelelahan sangat umum terjadi pada seseorang yang melakukan banyak aktivitas. Namun, faktor lainnya bisa juga disebabkan karena gaya hidup dan kesehatan mental.

Dikutip dari Healthline, kelelahan akibat gaya hidup biasanya karena kurang tidur hingga terlalu banyak aktivitas fisik atau malah kurang beraktivitas. Sementara gangguan kesehatan mental seperti rasa cemas dan depresi juga bisa menyebabkan kelelahan.

Kelelahan juga menjadi gejala COVID-19 yang kerap dikeluhkan pasien. Tak hanya COVID-19, ada beberapa penyakit yang menunjukkan gejala utama sebagai kelelahan.

Anemia

Dikutip dari Prevention, gejala kelelahan umum dialami pengidap anemia. Anemia adalah satu kondisi seseorang tidak memiliki sel darah merah yang cukup, pembawa oksigen yang sehat.

"Ada banyak jenis anemia, semuanya terkait dengan kelelahan," jelas Roxanne Sukol, MD, seorang spesialis pengobatan pencegahan di Klinik Cleveland.

Seiring dengan kelelahan, kulit pucat juga merupakan gejala anemia yang umum. Begitu juga dengan kuku yang rapuh, jantung berdebar kencang, pusing, dan sakit kepala.

Diabetes

Selain anemia, gejala umum diabetes salah satunya adalah kelelahan. Pengidap diabetes juga kerap merasa haus dan sering buang air kecil.

"Tubuh Anda sedang berjuang untuk mengatur jumlah glukosa dalam darah Anda, dan itu dapat menyebabkan kelelahan parah," kata Sukol.

Depresi klinis

Kelelahan bisa muncul akibat gangguan kesehatan mental. Depresi menyebabkan suasana hati menjadi buruk dan memicu kelelahan.

"Biologi depresi belum dipahami dengan baik, jadi sulit untuk mengatakan dengan tepat apa yang menyebabkan kelelahan," kata Sukol.

Tetapi, menurutnya, kelelahan yang terkait dengan depresi dapat membuat orang sulit meninggalkan rumah mereka atau mengumpulkan energi bahkan untuk tugas sehari-hari yang sederhana. Kesedihan, kehilangan nafsu makan, dan masalah konsentrasi adalah gejala yang juga muncul seiring dengan kelelahan.



Simak Video "Modifikasi Genetik Babi Demi Kesuksesan Transplantasi Ginjal ke Manusia "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)