Sabtu, 28 Nov 2020 08:41 WIB

Dialami Pasien Corona, Gigi Copot Jadi Gejala COVID-19 Terbaru?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Child having a dental examination Gigi copot jadi gejala COVID-19 terbaru? (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta -

Gejala COVID-19 tak biasa yang dialami pasien terus bermunculan. Beberapa waktu lalu, pasien Corona mengalami cegukan tanpa henti, kini seorang pasien COVID-19 mengeluh salah satu giginya lepas usai terinfeksi.

Adalah wanita berusia 43 tahun yang mengeluh salah satu gigi bawahnya lepas begitu saja tanpa pendarahan. Sebelumnya, ia terinfeksi COVID-19 beberapa bulan lalu dan mengidap Long COVID.

Ia masih mengeluhkan gejala COVID-19 seperti nyeri saraf, nyeri otot, dan kabut otak. Ahli menilai peristiwa yang dialami wanita bernama Fareh Khemili asal New York ini sangat langka.

"Gigi jatuh dari mulut dan ke tangannya 24 jam kemudian, sebuah hal yang sangat langka," jelas ahli periodontis Universitas Utah Dr David Okano mengatakan kepada The New York Times.

Meski hingga saat ini tak ada bukti COVID-19 menyebabkan kerusakan gigi hingga copot atau masalah lainnya, beberapa pasien COVID-19 rupanya mengeluh giginya sensitif hingga berubah warna menjadi abu-abu atau terkelupas.

Dr Okano menyebut ia tak yakin COVID-19 yang menyebabkan wanita ini kehilangan gigi. Menekankan kemungkinan wanita ini mengalami masalah gigi sejak lama dan memburuk karena COVID-19 yang diidapnya.

"Orang dengan masalah gigi yang ada dapat menjadi lebih buruk, terutama setelah pasien pulih dari COVID-19," kata Dr Okano.

Apa kata ahli?

Presiden dan direktur medis dari Angiogenesis Foundation nirlaba, Dr William W Li, mengatakan bahwa dokter dan dokter gigi harus terbuka terhadap kemungkinan semacam itu.

Menurut laporan tahun 2012 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), 47 persen orang dewasa di atas usia 30 tahun memiliki beberapa bentuk penyakit periodontal. Baik itu infeksi atau radang gusi dan tulang yang mengelilingi gigi.

"Kami sekarang mulai memeriksa beberapa gejala membingungkan dan terkadang melumpuhkan yang diderita pasien berbulan-bulan setelah mereka pulih dari COVID," kata Dr Li, termasuk masalah gigi dan kehilangan gigi.

Pasien-pasien COVID-19 lain yang tergabung dalam laman Facebook Survivor COVID-19 juga mengeluhkan hal yang sama. Salah satu gigi mereka lepas tanpa pendarahan usai memakan sesuatu.

"Gigi tanggal tanpa darah adalah hal yang tidak biasa," kata Dr Li.

Bagaimana pasien COVID-19 bisa mengalami kondisi ini? Simak halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ciri-ciri Gejala Corona pada Lidah"
[Gambas:Video 20detik]