Sabtu, 28 Nov 2020 14:31 WIB

Abu Bakar Ba'asyir Masih Dirawat Tim Dokter, Ini Riwayat Kesehatannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Abu Bakar Baasyir di RSCM Kencana Foto: Abu Bakar Ba'asyir di RSCM Kencana (ist/Michdan)
Jakarta -

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Berdasarkan keterangan Direktur Utama RSCM Lies Dina, Abu Bakar Ba'asyir sudah dirawat sejak 24 November 2020.

"Bahwa benar Bapak Abu Bakar Ba'asyir saat ini sedang dalam proses perawatan di RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) sejak 24 November 2020 lalu karena kondisi kesehatan yang mulai menurun," kata Dina dalam keterangannya pada Sabtu (28/11/2020).

Meski begitu, kondisi Abu Bakar Ba'asyir dilaporkan stabil dan hingga kini masih dalam pemantauan tim dokter RSCM.

Abu Bakar Ba'asyir sakit apa?

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kadiv Pas Kanwil) Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Abdul Aris mengatakan, kondisi kesehatan Abu Bakar Ba'asyir sempat menurun sehingga harus menjalani perawatan di RS.

"Sakitnya komplikasi. Lima hari, tempo hari demam tinggi, nyeri kepala, dan radang," ungkap Abdul, Jumat (27/11/2020).

Diketahui, beberapa waktu lalu pada tahun 2019 awal, Abu Bakar Ba'asyir pernah melakukan pemeriksaan kesehatan, karena kondisinya yang kian menurun. Menurut anggota tim dokter Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), dr Meaty, Abu Bakar Ba'asyir mengalami gangguan vena.

"Ada penyumbatan vena kedua kakinya, juga osteoarthritis pada lutut dan sudah tipis bantalannya," kata dr. Meaty usai mendampingi pemeriksaan Abu Bakar Ba'asyir di RSCM Kencana, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Sementara menurut keterangan Ketua Dewan Pembina Tim Pengacara Muslim (TPM), Mahendradatta, Abu Bakar Ba'asyir juga mengalami gangguan jantung.

"Gangguan jantung, penyempitan pembuluh darah, pengapuran dan lain sebagainya, itu tadi secara sekilas sudah disampaikan dokter," terang Mahendradatta, Selasa (29/1/2019).



Simak Video " Ini Tips Turunkan Demam Tinggi pada Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)