Selasa, 01 Des 2020 10:36 WIB

Anies Baswedan Positif COVID-19, Berapa Lama Bisa Benar-benar Pulih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab, Selasa (17/11/2020). Anies Baswedan positif COVID-19 (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif COVID-19. Hal ini disampaikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus COVID-19," demikian dikabnarkan Pemprov DKI lewat situs PPID Jakarta, Selasa (1/12/2010).

Anies dikabarkan masuk dalam kriteria asimptomatik atau positif COVID-19 tanpa gejala. Lalu butuh berapa lama pulih dari infeksi COVID-19?

Waktu pemulihan dari virus Corona bergantung pada seberapa parah infeksinya. Beberapa pasien sembuh dengan cepat tapi tak menutup kemungkinan di beberapa kelompok lain gejalanya bisa bertambah parah.

Usia, jenis kelamin, atau penyakit komorbid menjadi faktor yang menentukan jangka waktui sembuh. Pasien bergejala ringan, sedang, dan berat, punya rentang waktu yang berbeda untuk pulih dari COVID-19.

Menurut sebuah studi di Jepang, pasien COVID-19 tanpa gejala bisa pulih dalam waktu sembilan hari. Meski tanpa gejala, pasien COVID-19 asimptomatik tetap dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri agar tidak menularkan infeksi tersebut ke orang lain.

Lainnya, sebuah analisis dari pasien COVID-19 di China oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kira-kira butuh 2 pekan bagi pasien dengan gejala ringan untuk pulih.

Gejala ringan yang dimaksud seperti demam, lelah, dan batuk kering. Beberapa pasien juga mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap.

Jika melakukan isolasi mandiri di rumah, usahakan meminimalisir kontak dengan anggota keluarga. Periksa suhu tubuh secara berkala dan selalu terapkan perilaku higienis seperti rajin mencuci tangan dan memakai masker sepanjang waktu.



Simak Video "Anies Baswedan Positif Corona, Warga Diharap Lebih Disiplin 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)