Selasa, 01 Des 2020 10:51 WIB

Anies Baswedan Positif COVID-19, Ini Urutan Gejala Awal yang Bisa Muncul

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan inspeksi car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (03/11/2019). Saat tiba inspeksi, Anies menggunakan sepeda. Anies Baswedan positif COVID-19 (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif COVID-19. Hal itu berdasarkan hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa dini hari (1/12). Pada Senin siang (30/11), Anies memang telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.

Melalui keterangan tertulisnya, Selasa (1/11/12) Anies Baswedan juga telah mengonfirmasi kabar bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus COVID-19. Meski dinyatakan positif dan tanpa gejala, Anies akan tetap memimpin rapat-rapat yang telah dijadwalkan, dan akan dilakukan secara virtual.

"Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu," kata Anies.

Saat seseorang terinfeksi Corona pertama kali, ada urutan gejala COVID-19 yang bisa dialami pasien. Hal ini diungkap sebuah studi di University of Southern California.

Studi terkait urutan gejala COVID-19 di awal terinfeksi ini memungkinkan untuk membantu mendeteksi penyakit COVID-19 dan melakukan pengobatan lebih awal pada pasien Corona.

"Ini semacam panduan yang bagus," kata Dr Bob Lahita, seorang profesor kedokteran yang tidak terkait dengan penelitian tersebut, dikutip dari CBS News.

"Kami dapat mengatakan dengan aman, belajar seperti yang mereka lakukan, saya pikir itu 55 ribu pasien dari China (dalam studi baru), mereka melihat data dan melihat gejala dan menemukan bahwa urutan ini cukup dapat dijadikan patokan," lanjut Dr Bob.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Frontier Public Health urutan gejala yang dialami pasien Corona adalah sebagai berikut.

  • Demam diikuti batuk
  • Nyeri otot
  • Mual
  • Diare

"Demam itu nomor satu, diikuti batuk, diikuti nyeri, dan tidak semuanya harus muncul secara berurutan, bisa muncul bersamaan," kata Lahita tentang pengelompokan gejala Corona pertama.

Penelitian tersebut menegaskan tidak semua pasien mengalami gejala yang sama. Tetapi temuan baru membantu menggarisbawahi bagaimana COVID-19 berbeda dari penyakit umum lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Anies Baswedan Positif Corona, Warga Diharap Lebih Disiplin 3M"
[Gambas:Video 20detik]