Selasa, 01 Des 2020 11:24 WIB

Anies Baswedan Positif Corona, Berapa Lama Gejala Muncul Setelah Terinfeksi?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan tugu peti mati korban COVID-19 di Jakarta Utara. Tugu peti mati itu dibuat sebagai peringatan akan bahaya COVID-19. Anies Baswedan positif COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif Corona. Hal ini diketahui setelah hasil tes usap PCR keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari.

Saat Anies positif COVID-19, ia dikabarkan masuk ke dalam kriteria asimtomatik atau tanpa gejala. Kabar ini disampaikan langsung oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus COVID-19," demikian dikabarkan Pemprov DKI lewat situs PPID Jakarta, Selasa (1/12/2010).

Pada beberapa kasus, pasien bisa terinfeksi COVID-19 tanpa bergejala sama sekali. Namun pada beberapa kasus lain, infeksi terdiagnosis ketika gejala belum muncul. Butuh berapa lama sejak terinfeksi hingga muncul gejala?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan gejala COVID-19 diperkirakan akan muncul antara 2-14 hari setelah terinfeksi virus. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, 97 persen orang yang terinfeksi akan mengalami gejala selama 11 hari.

Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata periode inkubasi yang dialami oleh si pasien COVID-19 adalah kurang lebih lima hari. Berarti selama itu orang yang terinfeksi bisa saja menularkan penyakitnya tanpa disadarinya dan tanpa adanya gejala yang terlihat.

Untuk lebih jelasnya, Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan mengidentifikasi pola gejala yang dialami pasien COVID-19. Mereka menemukan dua fase gejala, pertama berlangsung selama tujuh hari dan berikutnya dua minggu.

Dikutip dari Daily Star, hari pertama pasca terinfeksi gejala yang muncul kebanyakan seperti demam, batuk, diare, dan mual. Hari selanjutnya, barulah rasa lelah dan sesak napas di tubuh itu mulai muncul.

Namun, menurut penelitian beberapa orang bisa saja mengalami penyakit serius setelah gejala ini terjadi, seperti pneumonia akut. Meski begitu, sekitar 85 persen kasus gejala akan mulai berkurang dan kebanyakan akan hilang setelah tujuh hari.



Simak Video "Anies Baswedan Positif Corona, Warga Diharap Lebih Disiplin 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)