Rabu, 02 Des 2020 18:01 WIB

Viral di Medsos, Dokter Jelaskan Mengapa Tertawa Lebar Bikin Tak Bisa Mingkem

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral pria tak bisa mingkem Viral seorang pria tak bisa menutup rahangnya akibat tertawa dan menguap terlalu lebar. (Foto: Insertlive)
Jakarta -

Viral di media sosial pria berusia 45 tahun yang tak bisa menutup rahangnya akibat tertawa dan menguap terlalu lebar. Cerita ini diunggah oleh akun TikTok @dr.helmiyadi_spot.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan, pria itu diduga mengalami dislokasi sendi pada rahangnya. Rahang pria ini pun dapat kembali menutup setelah mendapat penanganan dari dokter.

Sebenarnya kondisi apa yang dialami pria itu?

Menurut dokter bedah mulut dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, drg Pruput Dwi Mutiari, SpBM, pria itu mengalami dislokasi rahang atau suatu keadaan di mana sendi rahang bergerak terlalu ke depan dan terkunci.

"Menguap terlalu lebar membuat sendi rahang bergerak terlalu ke depan, sehingga terkunci di depan tonjolan sendi (eminentia artikularis), sehingga membuat posisi sendi rahang tidak bisa kembali ke posisi normal dan tidak bisa menutup mulut," kata drg Pruput saat dihubungi detikcom, Rabu (2/12/2020).

Apa penyebab terjadinya dislokasi rahang?

drg Pruput menjelaskan, kondisi ini bisa terjadi jika sendi pada rahang mengalami peradangan, karena adanya kebiasaan makan hanya dari satu sisi dan suka menggertakkan gigi (bruxism).

"Jadi kalau punya kebiasaan buruk makan satu sisi dan bruxism tadi, maka risiko untuk dislokasi saat rahangnya nguap terlalu lebar jadi lebih tinggi," jelasnya.

"Jadi tetap harus ada kejadian dia mangap lebar dulu baru bisa dislokasi," tuturnya.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)