Jumat, 04 Des 2020 06:51 WIB

Bau Miss V Bikin Insecure? Begini Mengatasinya

Farah - detikHealth
Tangkapan layar TikTok @pacarnyaapril Bau Miss V kadang bikin insecure (Foto: Tangkapan layar TikTok @pacarnyaapril)
Jakarta -

Penjelasan tentang bau khas di area kewanitaan dipaparkan oleh seorang tenaga kesehatan bernama Nada dalam sebuah video di akun TikTok @pacarnyaapril. Dalam videonya ia menyebutkan jenis-jenis bau vagina melalui tulisan.

Nada menjelaskan alasannya membuat video tersebut karena melihat video yang meremehkan wanita yang memiliki bau vagina. Lalu ia membuat konten edukasi area kewanitaan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada wanita.

"Pernah lihat ada oknum gitu buat konten di TikTok yang bilang percuma cantik kalau miss V nya bau gitu katanya, dan di situ banyak komentar cewe cewe yang insecure gitu kak. Nah kebetulan saya tau sedikit pengetahuan tentang daerah kewanitaan terus saya coba sharing pake video gitu kak," ujar Nada saat dihubungi detikcom, Kamis (03/12/2020).

Dalam videonya, Nada menyebutkan secara normal area kewanitaan memang memiliki bau khas yang terjadi karena lingkungan di area vagina itu sendiri. Mulai dari banyak bakteri lactobacillus sp. yang bertahan pada kondisi asam dengan pH sekitar 3,5-4,4.

Bau vagina normal

Nada memaparkan bau vagina yang normal cenderung ke asam. Fungsinya untuk membunuh bakteri jahat yang kemungkinan bisa tumbuh di area vagina.

"Bau ini bisa berubah seiring dengan siklus bulanan, aktivitas sehari-hari dan juga cuaca," tulisnya.

Penyebab bau vagina menyengat

Ada yang menyebutkan bau vagina seperti bau 'ikan asin'. Pada kasus ini Nada menyarankan kepada semua wanita untuk bisa membedakan bau vagina normal dan bau yang terlalu menyengat.

"Kenapa ada bau bau yang menyengat di area kewanitaan? itu terjadi karena infeksi-infeksi dari berbagai mikroorganisme bisa karena bakteri, parasit, jamur," tulis Nada dalam videonya.

Cara vagina tetap pada bau yang normal

Nada membagikan beberapa tips agar vagina tetap pada bau yang normal. Salah satunya menjaga kebersihan di area kewanitaan.

Menurut Nada, berikut cara menjaga vagina tetap pada bau khasnya.

  • Cuci area vagina dengan air bersih
  • Sebelum memakai celana dalam, keringkan terlebih dahulu
  • Ganti celana dalam dan pembalut secara berkala
  • Gunakan pembersih kewanitaan yang tidak mengubah pH area kewanitaan

Video tersebut telah ditonton sebanyak 900 ribu dan disukai 190 ribu pengguna TikTok. Banyak netizen yang memberi komentar positif menanggapi video tersebut.

"Mbak kalau boleh jujur, ini video yg lumayan lengkap dan bisa diterima dengan cepat sama orang awam kaya saya, thanks a lot mbak," respons netizen lain.

Nada sangat senang melihat videonya dibanjiri komentar positif untuk dirinya. Ia juga senang bisa memberikan pengetahuan kepada semua perempuan tentang bau khas vagina.

"Bener-bener seneng sih Kak, ternyata emang banyak cewe cewe ga percaya diri karena hal itu, dan sekarang mereka tau darimana asalnya, dan bagimana cara merawatnya juga. seneng banget bisa berbagi pengetahuan kaya gitu," ujar Nada.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)