Sabtu, 05 Des 2020 05:30 WIB

Sering Makan Mi Instan Mentah? Waspadai 8 Bahaya yang Mengintai

Farah Nabila - detikHealth
mi instan Makan mi instan mentah atau tidak matang sempurna bisa berbahaya (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Bahaya mengonsumsi mi instan mentah perlu diwaspadai bagi setiap orang. Mi instan telah kerap menjadi makanan andalan bagi semua kalangan usia. Banyak orang yang senang mengonsumsi mi instan karena rasanya yang enak dan mudah dibuatnya.

Cara membuat mi instan sangat mudah hanya dengan merebus mi dan menambahkan bumbu tambahan. Tetapi banyak orang yang tidak sabar menunggu dan memilih untuk mengonsumsi mi instan mentah.

Bahaya mi instan telah diperingatkan dalam setiap kemasan yang mengharuskan untuk merebus mi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Terdapat zat-zat yang terkandung di dalam mi sehingga lebih aman dikonsumsi saat mi sudah di rebus.

Walaupun mi instan mentah rasanya tetap enak, hal ini berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi mi instan mentah dalam jangka panjang dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas hingga kanker.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut bahaya mengonsumsi mi instan mentah bagi kesehatan.

1. Diabetes

Mengonsumsi mi instan setiap hari dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Mi instan termasuk dalam makanan yang tinggi kalori. Hal ini dapat membuat asupan kalori dalam tubuh berlebihan. Jika terus menerus mengonsumsinya tanpa direbus dahulu, ini akan memicu penyakit diabetes.

2. Tekanan darah tinggi

Kandungan garam yang cukup tinggi dalam mi instan menjadi salah satu bahaya mengonsumsi mi instan mentah. Hal ini dapat memicu tekanan darah tinggi. Selain garam, ada kandungan lemak dan minyak yang membentuk gumpalan darah yang bisa menghalangi aliran darah.

3. Obesitas

Mi instan mentah dapat menyebabkan berat badan naik. Sebab kandungan kalori yang berlebihan pada mi instan dapat menimbulkan penumpukan lemak di tubuh.

Mengonsumsi mi instan mentah yang terlalu sering dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Apalagi jika memiliki kebiasaan mengonsumsi mi instan di malam hari, hal ini akan menyebabkan risiko obesitas lebih tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]