Sabtu, 05 Des 2020 15:08 WIB

Gejala COVID-19 Terbaru Selain Batuk dan Pilek yang Jarang Disadari

Ayunda Septiani - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Deretan gejala tak biasa COVID-19. (Foto: iStock)
Jakarta -

Hampir setahun pandemi Corona melanda dunia. Hanya saja ada beberapa gejala COVID-19 yang masih belum diketahui masyarakat karena setiap pasien mengalami gejala yang berbeda-beda.

Beberapa gejala COVID-19 yang umum terjadi adalah batuk, pilek, sesak napas, dan kelelahan. Ternyata, masih ada gejala COVID-19 lainnya yang tanpa disadari dapat menimpa pasien yang terkena Corona.

1. Infeksi mata

Menurut laporan American Academy of Ophthalmology, beberapa pasien yang mengalami kondisi mata merah sebagai gejala COVID-19 baru. Namun, tidak perlu khawatir karena bisa saja ada faktor lain yang menyebabkan mata merah, bukan berarti merupakan gejala COVID-19.

2. Anosmia

Gejala COVID-19 ini sering dialami oleh pasien baik kasus corona tingkat ringan maupun sedang. Gejala ini disebut anosmia yang dikembangkan oleh sejumlah pasien COVID-19.

3. Sakit perut

Sakit perut dianggap sebagai salah satu gejala COVID-19 selain batuk dan pilek. Infeksi akibat virus COVID-19 menyebabkan pasien terkena diare dan mengalami muntah-muntah.

4. Nyeri otot

Nyeri otot dapat dianggap sebagai salah satu gejala COVID-19 yang cukup serius. Hal ini disebabkan oleh pelepasan bahan kimia sitokin ke tubuh sebagai respon terhadap infeksi.

5. Sakit kepala

Gejala COVID-19 satu ini bisa menimpa pasien corona tanpa mereka sadari. Biasanya, sakit kepala akibat COVID-19 terjadi dalam intensitas sedang hingga parah dan hanya menyerang bagian sebelah (migrain).

Selain itu, sakit kepala akibat COVID-19 disertai demam tinggi yang mengakibatkan tubuh rentan terkena corona. Disarankan untuk segera memeriksa suhu tubuh dan konsultasi dengan dokter.

6. Gatal-gatal

Gatal-gatal sebagai gejala COVID-19 di mana muncul bintik-bintik atau ruam pada kulit tanpa sebab. Tidak hanya gatal, bintik-bintik merah juga memberikan sensasi terbakar sebagai respon imun terhadap sistem saraf.



Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)