Selasa, 08 Des 2020 05:21 WIB

5 Tanda Seseorang Pernah Terinfeksi COVID-19 yang Tak Disadari

Farah Nabila - detikHealth
Isolation Quarantine Coronavirus Covid 19 Tanda dan gejala COVID-19 (Foto: Getty Images/Xesai)
Jakarta -

Ada beberapa tanda yang tidak disadari seseorang pernah terinfeksi COVID-19. Biasanya seseorang yang terinfeksi virus Corona akan merasakan berbagai gejala khas. Tetapi ada juga yang tidak merasakan gejala dan pulih dengan sendirinya.

Dikutip dari laman Daily Star, ilmuwan Dr Dominic Piment mengatakan sebanyak 80 persen pasien COVID-19 memiliki gejala ringan atau tidak memiliki gejala sama sekali.

"Ketika gejala benar-benar terjadi, demam dan batuk masing-masing muncul pada sekitar 50-60 persen pasien," ujar Dr Dominic.

Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah jika seseorang tertular virus Corona lebih dari satu kali. Orang tersebut bisa sakit lagi, baik setelah didiagnosis secara resmi maupun hanya praduga karena mengalami gejala yang ringan.

Berikut tanda dan gejala COVID-19 yang tidak disadari.

1. Kelelahan

Seseorang yang merasa sangat lelah selama seminggu atau lebih bahkan tidak bisa mengingat apapun dalam beberapa waktu, bisa jadi orang tersebut sudah terinfeksi COVID-19. Sebanyak lebih dari 60 persen orang mengaku merasa kelelahan saat mereka terinfeksi virus Corona.

2. Sakit tenggorokan

Saat suara terdengar parau, bisa jadi disebabkan karena kelelahan atau mengalami flu. Tetapi, suara yang parau karena sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda seseorang terinfeksi COVID-19.

Hal ini karena sebanyak lebih dari 52.2 persen pasien COVID-19 ternyata mengalami kondisi ini sebagai gejala awalnya.

3. Kehilangan kemampuan pada indra penciuman dan perasa

Salah satu tanda dan gejala COVID-19 adalah hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa. Jika Anda pernah atau sedang mengalami gejala ini, segera lakukan isolasi dan lakukan tes COVID-19 untuk mengetahui sudah terinfeksi virus atau tidak.

4. Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa menjadi salah satu gejala seseorang terinfeksi virus Corona. Gejala ini merupakan salah satu tanda yang tidak disadari. Sebab seseorang mungkin tidak terlalu memperhatikan perbedaan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala akibat COVID-19.

Sebanyak 70 persen pasien virus Corona COVID-19 mengaku bahwa mereka mengalami sakit kepala.

5. Masalah gastroenteritis

Saat tubuh terinfeksi COVID-19 tanda yang bisa terjadi adalah diare dan muntah. Meskipun hanya dialami sebanyak 4 persen pasien, seseorang perlu melakukan tes COVID-19 jika kondisi itu muncul disertai batuk, sesak napas, dan suhu tubuh yang tinggi.



Simak Video "SAGO, Penasihat WHO yang Bertugas Temukan Asal Usul Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)