Rabu, 09 Des 2020 11:01 WIB

Kata WNI yang Lihat Vaksinasi Corona Pertama di Inggris Berjalan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
90 year old Margaret Keenan, the first patient in the UK to receive the Pfizer-BioNTech COVID-19 vaccine, administered by nurse May Parsons at University Hospital, Coventry, England, Tuesday Dec. 8, 2020. The United Kingdom, one of the countries hardest hit by the coronavirus, is beginning its vaccination campaign, a key step toward eventually ending the pandemic. (Jacob King/Pool via AP) Kata WNI yang lihat vaksinasi Corona pertama di Inggris. (Foto: AP/Jacob King)
Jakarta -

Salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di London, Fahmi Ardi menceritakan bagaimana vaksinasi Corona pertama berjalan di Inggris. Ia bercerita, penerima vaksin Corona pertama adalah lansia di atas 80 tahun.

Inggris diketahui memulai vaksinasi Corona pertamanya per Rabu (2/12/2020). Vaksinasi Corona di Inggris dilakukan secara bertahap mulai pekan ini.

"Gelombang pertama akan diberikan kepada lansia di atas 80 tahun dan health and care staffs, karena mereka termasuk golongan paling rentan tertular virus. Gelombang pertama vaksinasi diberikan secara gratis melalui program NHS," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Meski begitu, Fahmi mengaku belum tahu apakah vaksinasi Corona diberikan secara gratis ke depannya. Hal ini dikarenakan vaksinasi Corona baru berjalan.

"Setahu saya vaksinasi akan gratis melalui NHS. Tapi lebih jelasnya kurang tahu juga ya untuk gelombang selanjutnya, soalnya di sini juga masih baru banget prosesnya," lanjutnya.

Menurutnya, distribusi vaksin terbatas dan hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Fahmi menyebut warga Inggris begitu antusias menyambut program vaksinasi COVID-19 dan berharap bisa segera membantu menyelesaikan pandemi Corona.

Namun, Fahmi mengaku khawatir beberapa warga Inggris lantas tak mematuhi protokol COVID-19 usai dimulainya program vaksinasi bagi prioritas.

"Walaupun ada kekhawatiran dengan adanya berita ini dapat membuat warga lengah untuk tetap melakukan protokol kesehatan yang berlaku dalam menghindari penyebaran virus sampai vaksin tersedia untuk umum," kata dia.

Fahmi juga bercerita kalau Warga Negara Asing (WNA) di Inggris baru bisa divaksin Corona jika sudah tersedia untuk umum. Dirinya dan rekan-rekannya berharap bisa segera mendapat vaksin COVID-19 di awal 2021.

"WNA bisa mengakses vaksin apabila sudah tersedia untuk umum, saat ini vaksinasi masih diutamakan untuk gelombang pertama," kata Fahmi.

"Saya cukup optimis apalagi kalau vaksin buatan Inggris dari Oxford University bisa dapat lampu hijau dalam waktu dekat," tutur Fahmi.



Simak Video "Perdana! Madagaskar Laksanakan Vaksinasi Corona Dosis Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)