Jumat, 11 Des 2020 06:20 WIB

Tips Melancarkan ASI ala dr Reisa

Farah Nabila - detikHealth
dr Reisa Broto Asmoro MC dr. Oz Indonesia dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Banyak ibu yang baru melahirkan mengeluhkan produksi ASI yang tidak lancar. Terlebih, air susu ibu merupakan makanan utama bayi baru lahir. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak produksi ASI.

Masih banyak yang belum tahu bahwa pemenuhan sumber-sumber nutrisi wajib bagi ibu yang menyusui. Padahal, beberapa nutrisi tersebut dapat melancarkan produksi ASI.

Ada beberapa tips untuk memenuhi nutrisi ASI yang penuh gizi. Salah satunya mengonsumsi susu almond yang bermanfaat sebagai booster ASI.

"Karena proteinnya tinggi, banyak juga kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk ibu menyusui, "ujar dr Reisa Broto Asmoro dalam acara DR OZ Indonesia.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat mempengaruhi kualitas ASI. Hal ini bermanfaat untuk membantu mencerdaskan otak si kecil hingga mencegah kegemukan tubuh.

BACA JUGA:

Menurut dr Reisa, berikut ini nutrisi yang harus dipenuhi ibu menyusui untuk melancarkan ASI.

1. Mengonsumsi karbohidrat

Karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Namun bagi ibu menyusui, hindari karbohidrat simpleks seperti kue.

"Alasannya sebenarnya dua, untuk nutrisi si bayinya, kedua supaya ibunya tidak gemuk," ujar dr. Reisa

Karbohidrat yang lebih baik dikonsumsi ibu menyusui adalah karbohidrat kompleks. Misalnya beras merah, gandum utuh dan sereal.

Mengonsumsi protein juga sangat penting bagi ibu menyusui. Sebab, protein menjadi bahan bakar laktasi sehingga membantu melancarkan produksi ASI.

Beberapa sumber protein seperti tahu, tempe, telur, daging, susu dan kacang-kacangan merupakan deretan protein yang bisa konsumsi ibu menyusui. Kandungan protein ini juga sangat penting untung mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

2. Mengonsumsi lemak baik

Lemak baik perlu dikonsumsi ibu menyusui untuk pemenuhan gizi yang seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi ASI.

Lemak baik ini bisa dapatkan dari minyak zaitun, minyak ikan, minyak Kanola, dan avocado oil. Dokter Reisa mengatakan jenis lemak ini mengandung omega tiga dan omega enam.

Mengutip dari healthyeating.sfgate, kandungan asam lemak Asam alfa-linoleat dan asam docosahexaenoic, atau DHA yang terkandung dalam omega 3 berperan penting untuk perkembangan bayi. Sedangkan, kandungan asam linoleat dan asam arakidonat, atau ARA, dalam lemak omega-6 membantu bayi tumbuh, dan membantu otak untuk perkembangan yang tepat.

"Ini juga bagus untuk kecerdasan si kecil. sebab omega tiga dan 6 sangat bagus mendukung kecerdasan anak," tutur dr. Reisa. Sumber-sumber omega tiga dan enam juga dapat diperoleh dari mengonsumsi ikan lele, ikan teri basah, ikan tuna, dan salmon.

Penasaran tips-tips lain yang dibagikan dr Reisa untuk melancarkan ASI?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA.



Simak Video "Meski Vaksin Sudah Ada, dr Reisa Ajak Tetap Disiplin 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)