Sabtu, 12 Des 2020 09:17 WIB

Tips Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Conent Promotion - detikHealth
Bumbee Collection Foto: dok. Bumbee Collection
Jakarta -

Bayi yang baru lahir biasanya belum memiliki pola tidur yang teratur dan sering kali terbangun di tengah malam. Mereka terbangun bisa saja karena kelaparan, popok yang penuh, atau suasana tidur yang tidak nyaman.

Bayi yang susah tidur juga akan berdampak pada tidak teraturnya pola tidur Bunda. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa kurang tidur berdampak terhadap kualitas hidup dan energi di saat siang.

Berdiri sejak tahun 2014, Bumbee Collection terus concern membantu para orang tua agar dapat memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Bumbee Collection punya tips agar si kecil dapat tidur nyenyak sepanjang malam. Yuk simak tipsnya!

1. Mengatur Waktu Tidur

Bayi baru lahir 0-7 minggu biasanya membutuhkan waktu tidur 16 jam sehari, yang terbagi pada malam hari 8-10 jam. Sedangkan, bayi berusia sekitar 8 minggu tidur selama 6 jam di malam hari tanpa harus diberi makan.

2. Tidak Terlalu Kenyang

Fakta ini harus jadi panduan Bunda untuk mengatur jam tidur si kecil. Jadi, jika Bunda ingin memiliki kualitas tidur yang cukup, kondisikan si kecil untuk tidur pukul 10 malam bersamaan dengan waktu tidur Bunda. Dengan begitu, ia akan bisa tidur nyenyak hingga sekitar jam 4 pagi.

Apakah benar menyusui si kecil sebelum tidur bisa membuatnya pulas? Menurut penelitian, membuat perut sangat kenyang justru membuat tidurnya gelisah. Bayangkan saja, betapa tidak enaknya perut Bunda kalau terlalu kenyang dan harus tidur. Jadi, berilah mereka makan sebanyak yang mereka mau dan tidak berlebihan. Kemudian, untuk memecahkan asosiasi minum susu sebelum tidur, lakukanlah aktivitas lain seperti menceritakan dongeng atau menyanyikan lagu.

Bumbee CollectionBumbee Collection Foto: dok. Bumbee Collection

3. Ciptakan Rutinitas Tidur yang Baik

Setiap Bunda memiliki cara dan teknik yang berbeda untuk membuat bayi nyaman sebelum tidur, misalnya dengan memandikan bayi sebelum tidur, lalu memakaikan baju tidur yang nyaman. Cara lain yang bisa Bunda coba adalah memberikan pijatan yang lembut pada punggung, lengan, dan tungkai si kecil.

Bunda juga bisa membacakan cerita dongeng di atas tempat tidur khusus untuknya sehingga membuat ia belajar tempat tidurnya adalah tempat ternyaman untuk tidur nyenyak. Lakukanlah kebiasaan ini secara konsisten meski pada akhir pekan. Menurut penelitian, bayi yang selalu menjalani kegiatan yang sama sebelum tidur akan lebih jarang menangis di malam hari, lebih mudah terlelap, dan tidur lebih nyenyak.

4. Menggendong Bayi Sebelum Tidur

Bunda juga bisa membantu menidurkan si kecil dengan cara menggendongnya terlebih dahulu, tapi pastikan juga gendongan yang dipakai nyaman untuk baby. Ketika si kecil sudah terlihat mulai mengantuk, segera letakkan di tempat tidur dan biarkan ia tidur dengan sendirinya.


5. Pastikan Popok Tidak Penuh

Hindari membiarkan si kecil terlelap di gendongan karena bisa membuatnya terbiasa tidur saat digendong. Hal ini juga akan membuat dirinya lebih sulit untuk tidur sendiri.

Pasti tidak nyaman jika tidur dalam kondisi badan lembab, bukan? Bayi juga tidak akan tertidur nyenyak jika popoknya lembap atau pakaiannya terkena ompol atau keringat. Jadi, sebelum ia tidur, ada baiknya Bunda memastikan popoknya kering. Pilihlah popok antibocor yang keringnya terjamin sampai beberapa kali kencing di malam hari. Ini baik agar si kecil tidak terbangun dan menangis karena kondisi lembap yang tidak nyaman.

6. Buat Suasana Kamar Nyaman

Suhu udara yang pas, pencahayaan yang baik, tempat tidur yang nyaman dan suasana yang tenang adalah kunci utama untuk membuat tidur bayi semakin nyenyak. Oleh karena itu, saat ia tidur di malam hari, pastikan kamar dalam keadaan minim pencahayaan. Hal ini juga untuk membiasakan bayi mengerti siang dan malam melalui kondisi terang atau gelap yang ia lihat.

Suhu udara yang sejuk juga akan mempengaruhi kesuksesan latihan tidur. Soal suasana kamar, ada baiknya kamar diberi suara pengantar tidur melalui lagu-lagu lembut atau suara mesin AC yang konstan dan menenangkan.

Nah itu tadi tips tidur nyenyak ala Bumbee Collection. Semoga tips ini membantu para Bunda membuat pola tidur untuk baby dan Bunda

(ads/ads)