Minggu, 13 Des 2020 05:51 WIB

10 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Zintan Prihatini - detikHealth
Raw Beef going into Fondue Pot-Photographed on Hasselblad H3D2-39mb Camera Manfaat minum air hangat (Foto: iStock)
Jakarta -

Minum air putih sangat baik untuk tubuh agar tetap terhidrasi. Beberapa penelitian ilmiah menemukan manfaat minum air hangat bagi tubuh, yaitu membantu meningkatkan pencernaan, melegakan hidung tersumbat, dan relaksasi dibandingkan dengan minum air dingin. Minum air hangat di pagi hari atau sebelum tidur bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Peneliti merekomendasikan suhu optimal antara air 54 hingga 71 derajat celcius. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tambahkan sedikit vitamin C seperti lemon ke air hangat untuk membuat air lemon.

Dikutip dari Healthline, berikut 10 manfaat minum air hangat di pagi hari.

1. Dapat meredakan hidung tersumbat

Secangkir air hangat menghasilkan uap. Menghirup uap dalam-dalam dapat membantu melonggarkan hidung tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala akibat sinus.

Minum air hangat di pagi hari dapat membantu menghangatkan hidung dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir. Studi pada 2008 mengungkapkan minuman hangat seperti teh, meringankan ingusan, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

2. Melancarkan pencernaan

Minum air hangat di pagi hari membantu menjaga sistem pencernaan agar lancar. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang kotoran. Studi pada 2016 menemukan bahwa minum air hangat mungkin memiliki efek pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi. Meski begitu, perlu ada penelitian lebih mendalam mengenai kegunaan air hangat sebagai minuman pelancar pencernaan.

3. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Kurang minum bisa berpengaruh pada fungsi sistem saraf, yang bisa memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Penelitian pada 2019 menemukan bahwa air putih dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati. Penelitian itu menunjukkan minum air meningkatkan aktivitas otak dan juga mengurangi kecemasan.

Minum air hangat juga membantu meredakan sembelit. Simak selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]