Senin, 14 Des 2020 14:48 WIB

Neymar Nangis karena Cedera Pergelangan Kaki, Ini Waktu Pemulihannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
PSGs Neymar falls in pain during the League One soccer match between Paris Saint Germain and Lyon, at the Parc des Princes stadium in Paris, France, Sunday, Dec. 13, 2020. (AP Photo/Thibault Camus) Neymar. (Foto: AP/Thibault Camus)
Jakarta -

Bintang Paris Saint Germain Neymar menderita cedera pergelangan kaki saat berlaga melawan Lyon di Stadion Parc Des Princes.

Neymar mendapat cedera pergelangan kaki di masa injury time. Bintang asal Brasil itu terkapar usai ditekel Thiago Mendes yang berujung kartu merah. Neymar terpaksa ditandu keluar sambil menangis lantaran tak kuasa menahan sakit.

Cedera pergelangan kaki kerap dialami atlet. Cedera ini terjadi ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kaki meregang atau robek, menyebabkan nyeri, bengkak, dan kesulitan berjalan.

Tingkat keparahan cedera pergelangan kaki tergantung pada seberapa banyak kerusakan yang ditimbulkannya dan seberapa tidak stabil sendinya. Semakin parah cedera yang dialami, semakin lama pemulihannya.

Cedera pergelangan kaki dibagi ke dalam 3 klasifikasi mulai dari derajat 1 hingga derajat 3. Berikut penjelasannya dikutip dari Harvard Health.

Derajat 1

Cedera pergelangan kaki derajat 1 membuat ligamen meregang atau robek sebagian. Gejala cedera pergelangan kaki derajat 1 meliputi nyeri, bengkak, dan ketidakstabilan, tetapi pasien biasanya dapat berjalan dengan sedikit rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Penyembuhannya berkisar 1-3 minggu

Derajat 2

Cedera pergelangan kaki tingkat 2 melibatkan robekan ligamen yang lebih substansial. Gejala cedera pergelangan kaki tingkat 2 juga termasuk nyeri dan bengkak, sering kali disertai dengan memar dan kesulitan berjalan.

Masa penyembuhan sekitar 3-6 minggu

Derajat 3

Pada kondisi ini terjadi robekan total pada ligamen yang terkena dan disertai dengan pembengkakan dan memar yang parah. Gejala yang dialami termasuk nyeri hebat, bengkak, dan memar di sepanjang kaki dan pergelangan kaki.

Setelah menderita cedera pergelangan kaki derajat 3, pergelangan kaki akan sangat tidak stabil, dan banyak pasien tidak bisa berjalan karena ligamen yang robek. Area yang bengkak mungkin sensitif bahkan terhadap sentuhan ringan.

Masa pemulihan bisa berlangsung berbulan-bulan.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)