Senin, 14 Des 2020 17:05 WIB

Dubes RI Sudah Disuntik Vaksin Corona China Sinopharm, Halal?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Duta Besar RI untuk Abu Dhabi Husin Bagis Foto: Wahyu Daniel
Jakarta -

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Uni Emirat Arab (UEA) telah melakukan vaksinasi COVID-19. Mereka disuntik menggunakan vaksin Corona buatan Sinopharm.

Dubes RI untuk UEA Husin Bagis pun meyakini bahwa vaksin Corona buatan Sinopharm itu halal.

"Kita ketahui bahwa masyarakat UEA 100 persen muslim untuk orang lokal. Jadi pasti sudah dilakukan verifikasi kehalalan dan kemanjuran vaksin tersebut sebelum penyuntikan," kata Husin dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 di YouTube, Senin (14/12/2020).

"Dan masyarakat UEA yakin vaksin yang diproduksi oleh Sinopharm itu halal," lanjutnya.

Husin menjelaskan, kehalalan vaksin ini juga telah diklaim oleh pemerintah setempat. Selain itu, Husin meyakini bahwa vaksin yang masuk ke Indonesia juga terjamin kehalalannya.

"Jadi kita di Indonesia juga Insya Allah dalam waktu dekat mendapat suntikan vaksin dan saya yakin apa yang masuk di Indonesia juga vaksin yang halal," jelasnya.

Husin bersama dengan sejumlah pegawai di KBRI sudah mendapat suntikan vaksin Corona. Program ini terbagi menjadi dua tahap, yakni suntikan dosis pertama dilakukan pada 21 Oktober dan suntikan dosis kedua diberikan pada 23 November.

Sementara untuk kelompok kedua, suntikan dosis pertama diberikan pada 23 November dan suntikan dosis kedua dilakukan pada 5 Desember.

Husin pun bercerita, masyarakat UEA sangat antusias saat membicarakan vaksin Corona. Mereka sangat menghormati kegiatan vaksinasi tersebut.

"Mungkin karena mereka merasa pengin keluar negeri dan biasa ramai dikunjungi turis. Tentunya vaksin ini bisa memberikan kontribusi besar dalam membuat hidup mereka normal kembali," ujarnya.



Simak Video "Kemenkes Tegaskan Vaksin Masih Efektif Hadapi Varian Virus India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)