Jumat, 18 Des 2020 07:04 WIB

4 Fakta Menarik soal Imunitas Tubuh

Content Promotion - detikHealth
inmun Foto: shutterstock
Jakarta -

Semuanya pasti sudah mengetahui kalau tubuh kita dilindungi oleh semacam sistem yang meninju semua penyakit dan benda asing merusak lainnya keluar dari tubuh. Ya, sistem tersebut dinamakan imunitas yang akan menghancurkan mikroorganisme penyebab penyakit di dalam jaringan tubuh.

Namun, tahukah Anda ternyata ada beberapa fakta menarik soal imunitas tubuh yang bakal membuat terkejut. Dilansir dari Livescience.com ini dia beberapa fakta unik dan menarik soal imunitas tubuh.

Sudah Ada Sejak 2 Milenium Lalu

Referensi awal tentang imunitas tubuh ternyata sudah ada sejak 2 milenium tahun yang lalu, walau vaksin baru pertama kali dikembangkan pada abad ke-18. Seperti selama wabah Athena yang terjadi pada 430 SM, orang Yunani menyadari orang yang sebelumnya selamat dari cacar tidak tertular penyakit yang sama untuk kedua kali. Sebuah artikel di International Journal of Infectious Diseases tahun 1998 menemukan fakta ternyata para penyintas tersebut sering dipanggil untuk merawat mereka yang menderita cacar.

Sinar Matahari Punya Efek Kompleks Terhadap Kekebalan

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah mengetahui paparan sinar matahari khususnya US dapat menekan respon sistem kekebalan terhadap infeksi bakteri, virus, dan juga jamur. Menurut artikel di tahun 2010 oleh Journal of Investigative Dermatology untuk menekan sistem kekebalan tubuh, dibutuhkan dosis 30 hingga 50 UVR.

Pada saat yang sama sinar matahari juga menyebabkan tubuh memproduksi vitamin D. Hal ini juga dibuktikan dari sebuah studi terbaru di Nature Immunology yang menunjukkan sel-T tidak bergerak jika mereka hanya mendeteksi vitamin D dalam jumlah kecil di aliran darah. Selain itu, penelitian lain menunjukkan vitamin D dapat memicu produksi peptida antimikroba di kulit yaitu senyawa yang membantu melindungi tubuh dari infeksi baru.

Gejala Penyakit Jadi Tanda Imunitas Bekerja

Mungkin Anda sering mendengar bakteri, virus, dan jamur ada penyebab beberapa gejala penyakit, tetapi secara teknis hal ini tidak benar. Gejala penyakit terkadang terjadi karena sistem kekebalan di tubuh Anda sedang bereaksi terhadap mikroorganisme jahat.

Seperti contoh ketika Anda sedang mengalami flu, sistem kekebalan di dalam tubuh akan langsung bereaksi saat virus menyerang sel yang melapisi rongga tubuh di saluran pernapasan bagian atas. Bahan kimia kekebalan yang disebut histamin melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan permeabilitasnya sehingga memungkinkan protein dan sel darah putih mencapai jaringan epitel yang terinfeksi.

Kurang Tidur Membuat Imunitas Menderita

Sistem imunitas yang sehat tentunya sangat penting untuk menangkal tubuh dari berbagai macam penyakit. Namun, penelitian selama beberapa terakhir mengungkapkan kurang tidur menekan kemampuan sistem kekebalan dalam melawan penyakit seperti mengurangnya proliferasi sel atau sel-T. Bahkan kurang tidur semalam juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi jumlah sel pembunuh alami.

Selain dengan istirahat yang cukup, imunitas yang sehat juga dapat diperoleh dari makanan dengan gizi seimbang dan juga berolahraga dengan cukup. Tak hanya itu, mengonsumsi suplemen vitamin C juga bisa menjadi tambahan bagi tubuh untuk memproduksi sel imun yang sehat. Namun sebagai catatan, lebih baik mengonsumsi vitamin atau suplemen sesuai anjuran dokter.

Samco FarmaSamco Farma Foto: Samco Farma

Salah satu vitamin yang dapat dikonsumsi ialah Samcorbex yang mengandung vitamin C sebanyak 500 mg dan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian. Samcorbex adalah multivitamin dari PT Samco Farma yang bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas di musim penyakit ini. Selain itu, ada Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Saat ini, Samcorbex dan Samcemin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(ads/ads)