Minggu, 20 Des 2020 08:01 WIB

Tak Selalu Menyehatkan, Ini 6 Efek Samping Minum Teh Berlebihan

Kanya Anindita - detikHealth
Ilustrasi Teh Efek samping berlebihan minum teh (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Teh merupakan salah satu minuman favorit yang sering dikonsumsi banyak orang. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga dapat melegakan tenggorokan jika sedang tidak enak badan.

Selain itu, teh juga dapat mengurangi risiko kanker, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Namun, mengonsumsi teh lebih dari tiga sampai empat cangkir sehari dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik.

Dikutip dari Healthline, berikut enam efek samping mengonsumsi teh berlebihan:

1. Mengurangi penyerapan zat besi

Teh adalah minuman yang kaya akan senyawa tanin. Tanin dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu, sehingga tidak bisa diserap di saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa tanin cenderung menghambat penyerapan zat besi dari sumber nabati daripada dari makanan hewani. Jika kadar zat besi dalam tubuh cukup rendah, asupan teh yang berlebihan dapat memperburuk kondisi Anda.

2. Meningkatkan kecemasan dan stres berlebihan

Daun teh secara alami mengandung kafein yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan kecemasan serta rasa stres yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi jika Anda mengonsumsi lebih dari tiga cangkir teh per harinya.

Teh herbal bebas kafein bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mengurangi efek samping yang negatif. Teh herbal tidak dianggap sebagai teh asli karena tidak berasal dari tanaman Camellia sinensis dan dibuat dengan bahan bebas kafein lainnya.

3. Tidur jadi terganggu

Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menghambat produksi melatonin sehingga mengakibatkan kualitas tidur yang buruk.

Kurang tidur seringkali dikaitkan dengan kelelahan dan kontrol gula darah yang kurang baik. Untuk itu, asupan kafein dalam teh perlu dikurangi untuk memperbaiki pola tidur Anda.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Efek Samping Konsumsi Kopi dan Teh di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]