Senin, 21 Des 2020 17:53 WIB

Kenali Manfaat Susu yang Berasal dari Sapi A2 untuk Anak!

Inkana Putri - detikHealth
Anak minum susu Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjaga asupan nutrisi merupakan salah satu kunci untuk membuat tubuh tetap sehat, yakni dengan menerapkan pola makan sehat setiap harinya. Caranya adalah dengan makan makanan beragam dengan jumlah porsi yang sesuai dengan usia. Mulai dari jenis karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral.

Salah satu sumber protein hewani yang nilai gizinya tinggi adalah susu. Produk susu yang sering dikonsumsi anak, umumnya dianggap minuman padat nutrisi yang mengandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B. Di dalam susu juga terdapat dua jenis protein, yakni whey dan casein. Namun, tahukah Anda casein merupakan kelompok protein terbesar dalam susu, yang membentuk sekitar 80% dari total kandungan protein dalam susu?

Melansir jurnal teknologi pangan berjudul 'A1- and A2-Milk and Their Effect on Human Health', ternyata ada perbedaan susu yang berasal dari sapi biasa dan susu yang berasal dari sapi A2. Susu sapi biasa pada umumnya terdiri dari kandungan protein utama A1 Beta-kasein dan A2. Sementara susu dari sapi A2 ini hanya mengandung A2 Beta-kasein saja.

Beta-kasein yang terkandung pada susu yang dari sapi A2 tidak terurai atau pecah saat dicerna oleh tubuh. Sementara itu beta-kasein dari susu sapi A1 akan pecah dan melepaskan peptida beta casomorphin-7 (BCM-7).

Oleh karena itu, Anda perlu mengenali susu yang berasal dari sapi A2 dengan kandungan protein beta-casein A2. Susu dengan protein beta-casein A2 juga mudah dicerna karena tidak menyebabkan gangguan pencernaan sehingga baik untuk pertumbuhan anak karena mudah terserap oleh pencernaan.

Apabila sistem pencernaan si kecil sehat dan nyaman, si kecil pun dapat beraktivitas dengan lebih nyaman termasuk dalam proses belajarnya di masa pertumbuhannya, sehingga si kecil dapat bereksplorasi tanpa hambatan!

Apalagi jika susu pertumbuhan untuk anak yang berasal dari sapi A2 mengandung nutrisi lainnya seperti DHA, Kolin, Omega 3, Omega 6, Sphingomyelin, dan Phospolipid. Menarik bukan manfaat dari susu yang berasal dari sapi A2 untuk anak?

(akn/ega)