Selasa, 22 Des 2020 11:22 WIB

Hasto Wardoyo dan Budi Gunadi Sadikin Disebut-sebut, Gantikan Menkes Terawan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, diisukan bakal ganti Menkes Terawan. (Foto: Dokumentasi 20detik)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memperkenalkan sederet nama calon menteri pada hari ini, Selasa (22/12/2020). Ada isu jabatan Menteri Kesehatan yang saat ini dipegang oleh Terawan Agus Putranto bakal diganti.

Sejumlah sumber mengatakan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN-RI) DR (HC) dr Hasto Wardoyo, SpOG(K) bakal menggantikan Terawan Agus Putranto dalam reshuffle kabinet.

"Beliau merupakan Kepala BKKBN, Mantan Bupati Kulon Progo yang memiliki prestasi baik. Salah satunya Anugerah Universitas Gadjah Mada atas dedikasinya melakukan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu prestasi-prestasi lainnya juga membuat Presiden yakin dia cocok menggantikan Terawan," kata seorang sumber CNBC Indonesia, Senin (21/12/2020).

Penelusuran detikcom, Hasto Wardoyo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Instansi Kesehatan Reproduksi & Bayi Tabung, RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta pada tahun 2010 sebelum dilantik menjadi Bupati Kulon Progo di tahun 2011.

Setelah itu, di tahun 2019, ia dilantik oleh Menteri Kesehatan RI yang saat itu dijabat oleh Nila Moeloek, menjadi Kepala BKKBN.

Kursi Menteri Kesehatan dinilai lemah dan berpotensi terkena reshuffle kabinet. Beberapa nama tokoh pun dianggap layak menjadi pengganti Menkes Terawan Agus Putranto.

"Nah posisi menteri-menteri lain kan sering dianggap kontroversial kan seperti, atau dianggap cukup lemah ya seperti menteri perdagangan, lalu kemudian menteri kesehatan, ya itu, atau menteri agama. Nah itu menteri-menteri yang menurut saya cukup rentan untuk bisa saja dilakukan reshuffle," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Santer juga terdengar kabar Wamen BUMN Budi G Sadikin akan mengisi jabatan Menkes. Budi yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah terlibat langsung dalam menangani pandemi Covid-19.

Sebelum menjadi Wamen BUMN, Budi Sadikin ditunjuk sebagai Dirut Inalum. Laporan keuangan Inalum mencatat, Budi sebelumnya menjadi Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang (1988-1994), General Manager Electronic Banking - Chief GM Jakarta - Chief GM HR PT Bank Bali Tbk (1994-1999), dan Senior VP Consumer dan Commercial Banking ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia (1999-2004).



Simak Video "Ramai Netizen Komentari Menkes Baru Bukanlah Seorang Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)