Selasa, 22 Des 2020 20:59 WIB

Tak Bergelar Dokter, Menkes Baru Budi Gunadi Sadikin Jadi Sorotan Netizen

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan menteri baru, salah satunya Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan dr Terawan Agus Putranto.

"Bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau sebelumnya Direktur utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur utama PT Inalum, dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," kata Jokowi dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Hal ini menjadi sorotan netizen karena Budi bukan seorang dokter. Ia lebih dikenal sebagai seorang lulusan fisika nuklir yang berkarier juga di dunia perbankan. Hal yang tidak lazim mengingat selama ini jabatan Menkes didominasi oleh profesi dokter.

Komentar netizen riuh membahas hal itu. Umumnya berharap agar Menkes bisa membawa kesehatan masyarakat Indonesia jauh lebih baik.

"Finger Crossed, semoga Menkes yang baru bisa membawa kesehatan Indonesia ke arah yang jauh jauh jauh lebih baik. Aamiin. Aq sudah lelah dengan segala drama penanganan covid-19 ini," tulis @Cy**Pale**e.

Netizen yang lain pun setuju dengan Menkes yang tidak bergelar dokter, karena Menkes nantinya akan dibantu dengan rekan-rekan di kementerian nantinya.

"Pada rame masalah menkes nggak berlatar belakang orang kesehatan, aku bilang sih sah-sah aja. Karena kementerian kan nantinya punya staf dan staf kementerian kan ahli di bidangnya dalam hal ini kesehatan. Jadi tidak masalah ketika menkes tidak berlatar belakang kesehatan, karena," @S**isces10

Dengan latar belakang Menkes yang baru dari orang perbankan, netizen berharap nanti kebijakan Menkes yang baru bisa lebih baik.

"Yang gantiin Menkes orang bank yang, wah semoga bisa bener deh yaa kali ini kebijakannya," @fit***yaam.

(ayd/up)