Rabu, 23 Des 2020 07:10 WIB

Menteri Kesehatan Diganti dari Terawan Agus Putranto ke Budi Gunadi Sadikin

Rosmha Widiyani - detikHealth
Budi Gunadi Sadikin Foto: pen/Menteri Kesehatan Diganti dari Terawan Agus Putranto ke Budi Gunadi Sadikin
Jakarta -

Presiden Joko Widodo memutuskan mengganti Menteri Kesehatan dari Terawan Agus Putranto menjadi Budi Gunadi Sadikin. Totalnya ada enam menteri baru dalam reshuffle kabinet yang diumumkan pada Selasa (22/12/2020) kemarin.

"Kemudian yang ketiga, Bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN, sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," kata Presiden Jokowi dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden

Penunjukan Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya adalah Wakil Menteri BUMN menjadi perhatian publik. Dia menjadi Menkes tanpa latar belakang pendidikan kesehatan, berbeda dengan para pendahulunya.

Dengan perbedaan ini, keputusan Menteri Kesehatan diganti dari Terawan Agus Putranto menjadi Budi Gunadi Sadikin tetap menumbuhkan harapan baru. Terutama yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19.

Berikut informasi profil hingga harapan usai Menteri Kesehatan diganti dari Terawan Agus Putranto menjadi Budi Gunadi Sadikin:

1. Profil Budi Gunadi Sadikin dan Terawan Agus Putranto

Usai pengumuman Menteri Kesehatan diganti dari Terawan Agus Putranto menjadi Budi Gunadi Sadikin, perbandingan profil keduanya tak bisa dihindari. Berikut informasinya:

a. Budi Gunadi Sadikin

  • Pendidikan: Fisika Nuklir ITB
  • Jabatan yang pernah diampu: Direktur utama Bank Mandiri, Direktur utama PT Inalum, dan Wakil Menteri BUMN.

b. Terawan Agus Putranto

  • Pendidikan: Kedokteran UGM
  • Jabatan yang pernah diampu: Tim Dokter Kepresidenan RI, Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dan Menteri Kesehatan.

2. Penanganan COVID-19 Budi Gunadi Sadikin dan Terawan Agus Putranto

Selama menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN dan Menkes, keduanya jelas sama-sama berperan dalam penanganan COVID-19. Tugas dan peran dijalankan sesuai porsinya masing-masing.

a. Budi Gunadi Sadikin

Dalam penanganan pandemi, Budi Gunadi Sadikin bertugas sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). Dia sempat cerita pengalamannya berburu vaksin untuk menghadapi corona.

b. Terawan Agus Putranto

Sebagai Menteri Kesehatan, Terawan menjadi orang nomor satu di Kementerian Kesehatan dan salah satu sosok penting penanganan COVID-19. Sayang Terawan sangat jarang muncul di muka publik, hingga jurnalis Najwa Shihab mengunggah episode Bangku Kosong di medsos.

3. Tanggapan netizen atas penunjukan Budi Gunadi Sadikin

Netizen ikut berkomentar soal Menteri Kesehatan diganti dari Terawan Agus Putranto menjadi Budi Gunadi Sadikin. Tanggapan warganet dapat dilihat di akun Twitter detikcom @detikcom. Berikut beberapa tanggapan netizen atas keputusan Presiden Joko Widodo

"Bukan dari bidang kesehatan. Semoga, paling tidak, percaya sains," tulis netizen di akun @ba******.

"Banting setirnya jauuuuuuh bgt," ujar warganet di akun @ho*******.

Netizen lain ikut mempertanyakan keputusan Menteri Kesehatan diganti dari Terawan Agus Putranto menjadi Budi Gunadi Sadikin. Namun netizen tetap yakin pada tujuan dan kemampuan pria asal Jawa Barat tersebut.

"Terlepas dari bekgronnya gue rasa pak jokowi nunjuk pa budi nih untuk membenahi manajemen di bidang kesehatan? Who Knows? Semoga amanah pak budi...," tulis @to***********.

Ada juga respon pengamat atas keputusan Presiden Jokowi mengganti menteri kesehatan ini.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA UNTUK MEMBACA

Selanjutnya
Halaman
1 2