Rabu, 23 Des 2020 08:43 WIB

Profil Dante Saksono, Pakar Diabetes Molekuler yang Jadi Wamenkes

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
dante Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. (Foto: RSCM)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk ahli molekuler diabetes, Dante Saksono Harbuwono, menjadi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes). Dante bakal dilantik Jokowi pagi ini.

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 ini menyelesaikan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pada tahun 1997.

Setelah itu, ia langsung melanjutkan spesialis penyakit dalam di Universitas Indonesia dan lulus di tahun 2004 dengan gelar spPD. Ia juga mengambil Molecular Diabetes di University of Yamanashi, Jepang dan mendapat gelar PhD.

Sepak terjangnya di bidang kesehatan termasuk menjadi salah satu tim kepresidenan Indonesia, Anggota PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), Kolegium Perkeni (Persatuan Endokrinologi Indonesia, Sekjen Hisobi (Himpunan Studi Obesitas Indonesia), Komnas BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan), dan Kemendiknas Dirjen Dikti.

Anggota PAPDI

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) adalah perhimpunan yang menjadi wadah berkumpul dan bersatunya seluruh Internis yang berada di Indonesia.

Lulus mengambil spesialisasi tahun 2004, ia bergabung dengan PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) di Divisi Metabolik Endoktrin yang menangani masalah seperti diabetes dan tiroid.

Kolegium Perkeni Persatuan Endokrinologi Indonesia

Pria berusia 47 tahun ini juga berperan andil dalam Persatuan Endokrinologi Indonesia (Perkeni). Dikutip dari laman resmi Perkeni, ia merupakan Koordinator Bidang Penelitian dan Litbang.

Ia juga sempat menjabat sebagai Ketua Himpunan Studi Obesitas Indonesia. Kala itu ia selalu menyoroti sejumlah riset terkait obesitas orang gemuk di Indonesia yang cenderung naik setiap tahunnya, dan umum terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Wakil Ketua PB PASI

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono sebelumnya juga dipercaya sebagai Wakil Ketua, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Pria ini sebelumnya juga menekuni S3, mengambil Ph.D di bidang Molecular Diabetes, University of Yamanashi dan lulus pada tahun 2008.

Raih beragam penghargaan

Dante meraih sejumlah penghargaan seperti Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan pada tahun 2013 dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan pada tahun 2013.



Simak Video "Wamenkes Tegaskan Vaksinasi COVID-19 Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)