Senin, 28 Des 2020 06:26 WIB

5 Fakta Miss V yang Penting Diketahui

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi vagina Fakta-fakta Miss V (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Kesehatan vagina menjadi salah satu kunci reproduksi berjalan dengan mudah. Selain itu, vagina yang sehat juga tidak menimbulkan rasa nyeri setelah berhubungan seks.

Vagina yang sehat dipengaruhi banyak faktor, seperti makanan yang dikonsumsi dan pola hidup yang baik. Namun, ada beberapa fakta vagina yang jarang diketahui.

Dikutip dari Medicalnewstoday, berikut 5 fakta vagina:

1. Apa itu vagina?

Vagina adalah salah satu bagian dari alat reproduksi pada wanita. Vagina berupa tabung otot yang membentang dari vulva yang mengacu pada alat kelamin wanita bagian luar, termasuk labia dan klitoris ke serviks.

Penelitian menemukan bahwa kedalaman vagina dapat berkisar antara 2,7 hingga 3,1 inci. Selama berhubungan seks, diperkirakan kedalamannya bisa berkisar antara 4,3 hingga 4,7 inci.

2. Semakin sering bercinta, semakin sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas seksual yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan vagina. Gerakan panggul dapat mengencangkan vagina, membuat seks lebih menyenangkan, dan menyebabkan orgasme lebih cepat.

3. Hindari sabun antiseptik terlalu sering

Terlalu sering menggunakan sabun antiseptik untuk membersihkan vagina ternyata menimbulkan efek samping. Hal itu dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri vagina sehingga menimbulkan infeksi.

Ada kelenjar di vagina yang mengeluarkan cairan dan membantu menjaganya tetap bersih. Vagina adalah area sensitif sehingga hanya perlu dibasuh dengan air bersih setiap harinya.

4. Dipengaruhi makanan

Mengonsumsi makanan tertentu ternyata dapat menimbulkan bau tak sedap pada vagina. Hindari makanan seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan keju.

5. Bakteri baik dalam vagina

Lactobacilli adalah bakteri baik dalam vagina yang membantu menjaga tingkat pH normal di bagian tubuh wanita dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Ketika tingkat lactobacilli turun, tingkat pH vagina bisa naik di atas 4,5, sehingga bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi vagina, seperti infeksi jamur dan vaginosis bakterial.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)