Selasa, 29 Des 2020 05:43 WIB

Butuh Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien COVID-19? Cek di Sini

Farah Nabila - detikHealth
Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen Terapi donor plasma konvalesen bagi pasien COVID-19 belakangan makin banyak diminati (Foto: Dok. Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen)
Jakarta -

Beberapa orang yang masih berjuang melawan COVID-19 mulai melirik terapi donor plasma konvalesen. Donor plasma yang harus pernah dan sudah sembuh dari COVID-19 kini banyak dicari.

Karena banyak yang membutuhkan, donor plasma konvalesen kadang-kadang sulit dicari. Terlebih, tidak semua penyintas bersedia dan memenuhi syarat untuk menjadi donor. Seorang dokter di Malang berinisiatif membuat Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen bagi pasien COVID-19 untuk membantu sulitnya mendapat donor tersebut.

Komunitas yang didirikan dr Ariani M.Kes SpA (K) dan enam relawan lainnya pada 25 Desember 2020 ini, mengaku hatinya tergerak saat melihat kondisi sulit mencari pendonor plasma konvalesen.

"Dan saya punya kemampuan untuk membantu akses ke para survivor COVIV yang plasma darahnya bisa didonorkan demi membantu pasien yang sedang berjuang untuk sembuh, karena saya bekerja di RS rujukan COVID ada banyak rekan dokter yang merawat pasien COVID sehingga memudahkan untuk mencari survivor COVID," ujar dr Ariani saat dihubungi detikcom pada Senin (28/12/2020).

Hanya dalam waktu empat hari, jumlah anggota komunitas ini sudah mencapai 57 orang dan terus bertambah. Ia mengatakan dalam sehari komunitas ini bisa menerima puluhan pesan singkat melalui Whatsapp dari orang yang ingin mendonorkan plasma atau orang yang membutuhkan donor plasma konvalesen.

"Sampai saat ini ada 19 permintaan yang sudah mengisi google form pemohon pendonor plasma yang masuk di kami. Ada banyak pesan atau chat yang masuk menanyakan, rata-rata bisa 30 hingga 40 chat sehari," ujar dr Ariani.

"Dan alhamdulilah sampai pagi hari tadi kami berhasil menghubungkan 12 pemohon dan pendonor plasma," tambahnya.

Lantas bagaimana cara mendapatkan donor plasma konvalesen lewat komunitas ini?

Bagi para penyintas COVID-19 yang ingin mendonorkan darah plasma konvalesen dan pasien COVID-19 yang membutuhkan darah plasma dari penyintas COVID-19 dapat menghubungi Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen.



Simak Video "Permintaan Meningkat, Lihat Lagi Syarat Pendonor Plasma Konvalesen"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)