Rabu, 30 Des 2020 05:12 WIB

5 Cara Menghilangkan Ruam Kulit Secara Alami

Farah Nabila - detikHealth
beauty, people, cosmetics, skincare and health concept - young woman applying cream to her face Ruam kulit (Foto: iStock)
Jakarta -

Ruam kulit merupakan perubahan tekstur atau warna kulit yang menimbulkan kemerahan, bersisik, gatal, atau iritasi. Ruam kulit menjadi salah satu gejala COVID-19 yang dialami oleh sejumlah pasien positif virus Corona.

Biasanya dokter mungkin akan meresepkan krim, losion, atau antihistamin untuk meredakan nyeri. Namun ada beberapa pengobatan alami yang bisa meredakan gatal pada ruam kulit.

Dikutip dari Healthline, berikut cara menghilangkan ruam kulit secara alami.

1. Kompres dingin

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghentikan rasa sakit dan gatal akibat ruam kulit adalah dengan kompres dengan air dingin atau es. Kompres dingin dapat segera meredakan dan dapat membantu menghentikan pembengkakan, mengurangi rasa gatal, serta memperlambat perkembangan ruam.

Untuk melakukannya, basahi kain dengan air dingin atau bungkus es batu dengan kain. Lalu letakan kain di area ruam kulit.

2. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya sering digunakan untuk kesehatan dan perawatan kulit. Selain itu, lidah buaya juga sering digunakan untuk penyembuhan luka ringan.

Lidah buaya mengandung vitamin B-12, kalsium, magnesium, seng, vitamin A, C, E, dan asam lemak esensial. Ini juga mengandung enzim, karbohidrat, dan sterol yang dianggap berkontribusi untuk efek anti-inflamasi.

Cara mengaplikasikannya dengan mencuci area yang terkena ruam lalu keringkan. Kemudian oleskan lidah buaya pada area tersebut.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa murni dianggap memiliki sifat antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, dan penyembuhan yang baik.

Tetapi, bagi orang yang memiliki alergi kelapa harus mengujinya terlebih dahulu di lengan bagian dalam. Jika tidak ada reaksi yang terjadi dalam 24 jam, minyak kelapa aman digunakan. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]