Rabu, 30 Des 2020 05:32 WIB

Round Up

Fakta-fakta Aa Gym Positif Corona, Kronologi dan Gejala

Farah Nabila - detikHealth
detikcom melakukan wawancara khusus dengan Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (8/4/2018). Aa Gym positif COVID-19 (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Ustaz Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym terkonfirmasi positif COVID-19. Kabar ini disampaikan langsung lewat kanal Youtube pribadinya.

"Alhamdulillah semuanya ini qadarullah. Sudah berusaha sedisiplin mungkin, mengajak orang disiplin, tapi mungkin dalam pandangan Allah banyak hal yang masih harus diperbaiki," kata Aa Gym seperti dikutip dari kanal Youtube Aagym Official, Selasa (29/12/2020).

Kronologi

Sebelum dinyatakan positif, Aa Gym mengaku sempat mengalami kelelahan. Ia mengira ini terjadi karena aktivitas yang padat sehingga memilih untuk mengatasinya dengan asupan vitamin.

Aa Gym juga menceritakan ia sempat melakukan perjalanan ke Bandung pada hari Rabu (23/12/2020). Saat itu, Aa Gym masih merasa tubuhnya sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa, bahkan ia sempat melakukan kemping di Bandung.

"Malam Kamisnya di gunung, kemping, Kamis pagi masih berenang dan bertugas. Hari Jumat pagi mau bersepeda, tapi tidak mau terlalu capek. Jadi di halaman luar masjid Salman, cari yang paling aman di taman yang tidak banyak orang," jelasnya.

Namun, saat dirinya kembali ke Jakarta pada hari Sabtu (26/12/2020), kondisi Aa Gym mulai menurun. Bahkan ia harus diinfus dan minum berbagai vitamin agar tubuhnya kembali bugar.

Saat itu, Aa Gym juga melakukan tes Corona berupa rapid test antibodi. Tetapi, hasil yang keluar adalah non reaktif. Aa Gym mengatakan, ia diduga kelelahan sehingga kondisi tubuhnya menurun.

Gejala

Setelah mengalami gejala kelelahan, Aa Gym juga mengalami batuk-batuk dan sedikit pusing. Ia juga tidak demam, suhu tubuhnya masih dalam rentang normal.

"Alhamdulillah tidak ada sesak, tidak ada pusing yang berlebihan. Hanya pagi ini agak sedikit pusing karena semalam baru sampai jam 11- setengah 12 malam jadi tidurnya baru sedikit, jam tiga sudah bangun," kata Aa Gym.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cerita Aa Gym Terpapar COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]