Selasa, 05 Jan 2021 13:27 WIB

7 Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Sering Diabaikan

Farah Nabila - detikHealth
Foto Kalina saat ditemui di kawasan Sudirman Aktris Kalina Ocktaranny dikabarkan tengah sakit tipes (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Ciri-ciri penyakit tipes seringkali sulit dibedakan dengan demam biasa bahkan Demam Berdarah Dengue (DBD). Kondisi cuaca yang tidak menentu dan memiliki sistem imun yang lemah dapat memudahkan bakteri penyebab tipes masuk ke tubuh.

Hal ini seperti yang dialami aktris Kalina Ocktaranny yang tengah terbaring di rumah sakit lantaran penyakit tipes. Kabar ini diketahui melalui potret Kalina yang berbaring di tempat tidur di ruang perawatan rumah sakit yang diunggah oleh sang kekasih, Vicky Prasetyo, melalui akun instagram pribadinya.

"Lekas sembuh yaa sayang @kalinaocktaranny semangatt yaaaa .... !!!! kan mau jadi penganten," tulis Vicky, dikutip dari akun Instagram @vickypreasetyo777, Senin (4/1/2021).

Penyakit tipes dalam pengertian adalah demam typhoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Biasanya bakteri ini menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Kemudian, bakteri akan masuk ke saluran pencernaan dan bertambah banyak.

Tipes yang dikenal sehari-hari berbeda dengan typhus, infeksi mematikan yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia.

Ada beberapa ciri-ciri penyakit tipes atau demam typhoid yang sering diabaikan, yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Demam

Ciri-ciri penyakit tipes pada anak maupun orang dewasa akan mengalami fase demam. Saat mengalami demam suhu tubuh akan mencapai 39,4 atau 40 derajat celcius. Biasanya, demam akan diikuti dengan sakit kepala, lemas, hingga menggigil.

2. Mual dan muntah

Salah satu ciri-ciri penyakit tipes yang umum adalah mengalami mual dan muntah. Setelah mengalami kondisi ini, biasanya orang akan merasa lemas dan hanya ingin berbaring.

3. Nafsu makan berkurang

Orang yang menderita sakit tipes akan mengalami hilangnya nafsu makan. Sehingga jenis makanan apa saja tidak mau untuk dikonsumsi.

Namun, orang yang menderita penyakit tipes harus tetap makan untuk membantu penyembuhan. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat tipes seperti jus buah, roti, perbanyak air putih, serta sayur-sayuran yang dimasak seperti wortel, kentang, bit, dan labu.

4. Batuk kering

Batuk kering merupakan salah satu ciri-ciri penyakit tipes yang biasa terjadi di minggu awal. Untuk membantu pemulihan, perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

5. Diare

Penyakit tipes juga berdampak pada saluran pencernaan, bisa diare atau konstipasi (sembelit). Jika sudah mengalami gejala ini, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius.

6. Lidah

Warna lidah bisa menentukan seseorang sedang mengalami gejala tipes. Umumnya, lidah berwarna merah tetapi pada orang yang mengalami penyakit tipes akan berwarna putih.

Sedangkan, pinggirannya merah dan saat menjulurkan lidah akan gemetar (tremor).

7. Ruam merah

Ciri-ciri penyakit tipes dan DBD biasanya tampak sama melalui ruam merah. Meski tampak luarnya hampir sama, untuk memastikannya harus diperiksakan ke dokter.



Simak Video "Hoax Vaksin Timbulkan Varian Baru dan Sebabkan Kematian Dalam 2 Tahun!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)