Rabu, 06 Jan 2021 12:37 WIB

Termasuk Ma'ruf Amin, Ini Kriteria Orang yang Belum Bisa Terima Vaksin Sinovac

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Daftar orang yang belum bisa terima vaksin Corona Sinovac. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak ikut vaksinasi COVID-19 tahap awal seperti sejumlah menteri yang disebut bakal suntik vaksin di 13 Januari mendatang. Juru bicara Wapres, Masduki menjelaskan Ma'ruf tak ikut vaksinasi karena faktor usia.

"Karena Pak Wapres berusia di atas 60 tahun, jadi beliau tidak memungkinkan untuk divaksin dengan vaksin yang ada sekarang, yang Sinovac itu," terang Masduki seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (6/1/2021).

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan dalam petunjuk teknis (Juknis) resmi pelaksanaan vaksinasi COVID-19, ada beberapa kriteria lain yang belum bisa menerima vaksin Corona Sinovac. Salah satunya termasuk ibu hamil dan yang mengidap gejala ISPA dalam beberapa hari terakhir.

Berikut syarat pemberian vaksin Corona Sinovac dalam rekomendasi PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), dikutip dari Juknis Kemenkes RI:

- Jika tekanan darah di atas 140/90 mmHg, vaksin Corona tidak diberikan.

- Jika pernah mengidap COVID-19, ibu hamil atau menyusui, mengidap gejala ISPA dalam tujuh hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat, penyakit ginjal, reumatik, sakit saluran pencernaan kronis, vaksin Corona tidak diberikan.

- Bagi yang mengidap penyakit diabetes melitus DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen, vaksinasi tidak diberikan.

- Lalu, apabila suhu badan penerima vaksin sedang demam (di atas 37,5 derajat Celcius) disarankan vaksinasi ditunda terlebih dahulu. Begitu pula dengan pasien yang pernag mengidap penyakit paru.

Selain kriteria di atas, vaksin Corona Sinovac bisa disuntikkan pada pasien dalam kondisi sehat.



Simak Video "Benarkah Usai Vaksinasi Masyarakat Bisa Hidup Normal Tanpa Masker?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)