Rabu, 06 Jan 2021 15:12 WIB

Doa Agar Disembuhkan dari Penyakit Sesuai Al Quran dan Sunnah

Puti Yasmin - detikHealth
ilustrasi berdoa Foto: ilustrasi: Fauzan Kamil/detikcom/Doa Agar Disembuhkan dari Penyakit Sesuai Al Quran dan Sunnah
Jakarta -

Sakit bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Dalam ajaran agama Islam, ada doa agar disembuhkan dari penyakit yang bisa diamalkan agar bisa sehat kembali seperti sedia kala.

Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Muslim bersabda, dari Jabin bin Abdillah, Nabi Muhammad bersabda bahwasannya setiap penyakit memiliki obat penawar. Dan kesembuhan hanya lah milik Alla SWT.

"Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa ta'ala."

Doa Kesembuhan Penyakit dalam Islam:

Doa minta kesembuhan untuk diri sendiri diriwayatkan dalam hadits Al Bukhari dan Muslim. Aisyah Ra mengatakan Rasulullah SAW biasa membaca doa ketika sedang sakit sambil mengusap dengan tangan kanan dan membaca doa seperti berikut

Latin: Allahumma rabban-nas 'adzhibil-ba'sa, isyfi antasy-syafi la syifa'a illa syifa uka syifa'a al la yughadiru saqama

Artinya: Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit ini, sembuhkan lah, hanya Engkau lah yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit."

Selain itu, dalam buku 'Penyembuhan dengan Doa & Zikir' karya Muhammad Abdul Ghoffar, doa kesembuhan dalam Islam bisa dengan membaca 'Bismillahi' sebanyak tiga kali dan meletakkan tangan di bagian tubuh yang terasa sakit.

Kemudian, baca ta'awuz sebanyak tujuh kali 'Audzubillahi minasy syaithaanir rajiim' (Aku berlindung kepada keagungan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan yang aku rasakan dan aku hindari).

Sahabat Hikmah, jangan lupa mengamalkan doa agar disembuhkan dari penyakit ya!



Simak Video "Menelisik Ramainya Isu Bullying yang Dilakukan Selebriti Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)