Kamis, 07 Jan 2021 21:00 WIB

Perlu Tahu, Ini 5 Virus yang Bisa Membahayakan Ibu Hamil

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Pregnant woman standing by the big window with face medical mask on. Worries about child birth during pandemic. Ibu hamil rentan infeksi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn)
Jakarta -

Ibu hamil lebih rentan sakit karena berbagai macam hal. Salah satu alasannya karena sistem imun tubuh yang cenderung menurun pada ibu hamil. Hal inilah yang membuat ibu hamil termasuk ke dalam daftar orang yang berisiko tinggi terkena virus yang dapat memunculkan berbagai penyakit yang berbahaya.

Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres dan lain sebagainya. Mengingat infeksi virus dapat berpengaruh pada janin yang dikandungnya. Misalnya dapat meningkatkan risiko persalinan prematur dan bayi terlihat prematur.

Direktur Center of Disease Control and Prevention (CDC), Dr Robert Redfield mengungkapkan ketika kondisi pandemi, disarankan ibu hamil untuk sebisa mungkin membatasi kontak dengan orang lain untuk mengurangi risiko terkena infeksi virus.

Salah satu cara untuk mencegah infeksi virus adalah dengan mengetahui bermacam virus yang rentan menjangkiti ibu hamil. Berikut ini penyakit yang diakibatkan oleh virus yang mengancam ibu hamil:

1. Virus Zoster Varicella

Virus ini merupakan penyebab cacar air atau penyakit yang ditandai dengan munculnya bintil kulit berisi air pada salah satu sisi tubuh dan terasa nyeri. Virus ini dapat ditularkan melalui tetesan pernapasan atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi yang kemudian berubah menjadi ruam.

Ruam inilah yang akan meluas ke daerah wajah dan tubuh. Selain munculnya bintil kulit, gejala lain yang dapat muncul pada ibu hamil adalah demam, sakit kepala, lemas, dan silau terhadap cahaya.

2. Rubella

Sama seperti virus cacar air, rubella merupakan penyakit yang ditularkan melalui tetesan pernapasan. Masa inkubasi virus ini adalah 12 hingga 23 hari. Gejala yang kerap muncul adalah demam atau malaise, mata merah, ruam merah dan sakit kepala. Akibat dari infeksi ini berisiko memunculkan abortus spontan, infeksi janin, kelahiran mati dan lainnya.

3. Hepatitis

Virus lain yang harus diwaspadai adalah hepatitis. Hepatitis merupakan penyebab paling umum penyakit kuning pada kehamilan. Hepatitis B dan C adalah jenis hepatitis yang kerap ditemukan pada ibu hamil. Gejala yang timbul antara lain mual dan muntah, selalu merasa lelah, penurunan nafsu makan, demam, nyeri otot dan persendian.

Ibu hamil juga perlu mewaspadai infeksi lain, influenza hingga ebola.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)