Senin, 11 Jan 2021 17:30 WIB

Kata Dokter Soal Eyeshield yang Heboh Gara-gara Dipakai Melly Goeslaw

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Melly Goeslaw Kata dokter soal eyeshield yang digunakan Melly Goeslaw. (Foto: Ismail)
Jakarta -

Musisi Melly Goeslaw sempat terlibat konflik dengan dr Tirta. Penyebabnya adalah penggunaan eyeshield yang dinilai tidak efektif mencegah COVID-19 dan sempat dipakai Melly Goeslaw dalam sebuah acara televisi.

Tirta Mandira Hudhi atau dr Tirta menegurnya lewat unggahan di media sosial. Unggahan tersebut akhirnya dihapus setelah terjadi adu argumen di unggahan masing-masing maupun di kolom komentar.

Eyeshield yang dipakai Melly Goeslaw serupa dengan faceshield, namun lebih kecil dan hanya menutupi mata. Di kalangan pelaku hiburan, penggunaan faceshield tanpa masker belakangan ini dianggap memberi contoh yang tidak baik karena masker memberikan perlindungan lebih baik.

Dokter spesialis paru yang juga Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), dr Erlang Samoedro, SpP(K), menegaskan virus Corona menular melalui udara yang dihirup. Hal ini tidak bisa ditangkal dengan face shield saja, apalagi eyeshield.

"Virus menular melalui udara yang kita hirup. Nah kalau hanya faceshield kan udara yang kita hirup tidak tersaring, ya otomatis tidak melindungi," ujar dr Erlang saat dihubungi detikcom, Senin (11/1/2021).

Untuk faceshield yang hanya menutupi bagian mata juga tidak bisa melindungi dari virus Corona. dr Erlang menegaskan itu masih membuat orang yang menggunakannya rentan tertular COVID-19.

Tak hanya itu, banyak juga pelaku hiburan yang hanya memakai face shield tanpa menggunakan masker. Padahal, seperti yang diketahui masker merupakan hal terpenting yang bisa mencegah penularan virus Corona.

"Faceshield melindungi dari percikan langsung ketika berbicara bukan melindungi udara yang kita hirup. Masker wajib, faceshield itu tambahan bukan wajib," tegasnya.



Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)