Selasa, 12 Jan 2021 05:00 WIB

Berapa Batas Maksimal Boleh Minum Kopi dalam Sehari? Ini Kata Ahli

Zintan Prihatini - detikHealth
young chinese woman sitting next to windows in cafe. Ilustrasi minum kopi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Secangkir kopi mungkin dibutuhkan banyak orang sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Beberapa mungkin bisa menghabiskan lebih dari secangkir kopi per harinya.

Kopi memiliki banyak manfaat di antaranya meningkatkan energi, membantu lebih fokus, dan meningkatkan kesehatan dengan catatan dikonsumsi secara tepat.

"Kopi adalah sumber antioksidan nomor satu dalam makanan, bahkan selain anggur dan teh," kata ahli diet Vanessa M Rissetto seperti dikutip dari Healthline.

"Selain dari kafein yang memberi Anda energi pagi hari, tingkat antioksidan yang tinggi itu dapat membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta melawan penyakit," lanjutnya.

Tetapi studi yang dirilis di The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan sering mengonsumsi enam cangkir kopi atau lebih per hari, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Sebenarnya, berapa batasan minum kopi per hari?

Dikutip dari Healthline, peneliti di Australia menemukan bahwa minum enam cangkir kopi atau lebih sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 22 persen.

Sebuah survei di Reuters menemukan bahwa 64 persen orang Amerika di atas usia 18 tahun minum setidaknya satu cangkir kopi sehari, dan semakin meningkat per tahunnya. Peneliti dari University of South Australia, dr Ang Zhou dan Profesor Elina Hyppönen meneliti berapa batasan minum kopi per hari.

Dalam studi pertama yang menguji batas atas konsumsi kopi yang aman terkait dengan kesehatan jantung, mereka meneliti berapa banyak kopi yang dikonsumsi oleh 347.077 orang berusia antara 37 dan 73 tahun. Mereka kemudian membandingkan total kopi dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam studi tersebut, keduanya menemukan bahwa skala menjadi lebih berisiko saat seseorang minum kopi enam cangkir atau lebih per harinya.

"Untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah yang sehat, orang harus membatasi kopi mereka menjadi kurang dari enam cangkir sehari, berdasarkan data kami, enam adalah titik kritis di mana kafein mulai berdampak negatif pada risiko kardiovaskular," ujar profesor Hyppönen.

Selain itu menurut Rissetto di samping memiliki manfaat, kopi juga dapat menyebabkan insomnia, gugup, gelisah, sakit perut, mual, muntah, peningkatan detak jantung dan laju pernapasan, dan efek samping lainnya.

"Mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan sakit kepala, kecemasan, agitasi, telinga berdenging, dan detak jantung tidak teratur," pungkasnya.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)