Selasa, 12 Jan 2021 14:30 WIB

14 Provinsi Jadi Prioritas Penerima Vaksin COVID-19, Ini Daftarnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Puskesmas Kelurahan Cilincing 1,Jakarta Utara, menggelar simulasi pemberian vaksin Sinovac, Selasa (12/1). Simulasi ini untuk memastikan kesiapan proses vaksinasi dan tenaga medis di puskesmas. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac telah didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia. Sesuai arahan Presiden, pelaksanaan vaksinasi dilakukan serentak di 34 provinsi dan secara bertahap.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pada Januari, fokus pelaksanaan vaksinasi adalah di ibu kota provinsi dan kab/kota yang berbatasan dengan ibu kota. Kelompok pertama yang menerima vaksin adalah tenaga kesehatan.

"566 ribu nakes akan kita suntik vaksin di bulan Januari, tahapan kedua di bulan Februari sisanya 900 ribu sehingga total 1,4 juta orang atau sekitar 3 juta dosis bisa dilakukan Januari-Februari," kata Menkes dalam Rapat Dengar Pendapat DPR yang disiarkan secara daring, Selasa (12/1/2021).

Dalam slide paparan Menkes, ada provinsi prioritas yang akan menerima vaksin COVID-19. Provinsi ini merupakan daerah dengan kasus konfirmasi COVID-19 tertinggi termasuk sentra ekonomi dan pariwisata.

Berikut di antaranya:

  1. DKI Jakarta
  2. Jawa Barat
  3. Jawa Tengah
  4. Jawa Timur
  5. Sulawesi Selatan
  6. Kalimantan Timur
  7. Riau
  8. Sumatera Barat
  9. Banten
  10. DI Yogyakarta
  11. Sumatera Utara
  12. Bali
  13. Kalimantan Selatan
  14. Papua


Simak Video "Chili Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Corona Sinovac"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)