Selasa, 12 Jan 2021 18:00 WIB

Efikasi Vaksin 65,3 Persen, Herd Immunity Bisa Dicapai? Ini Kata Jubir

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Puskesmas Kelurahan Cilincing 1,Jakarta Utara, menggelar simulasi pemberian vaksin Sinovac, Selasa (12/1). Simulasi ini untuk memastikan kesiapan proses vaksinasi dan tenaga medis di puskesmas. Efikasi vaksin Corona Sinovac 65,3 persen bisa picu herd immunity? Ini jawaban jubir. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Berdasarkan data interim uji coba vaksin Corona Sinovac di Bandung, efikasi yang didapat sebanyak 65,3 persen. Tak sedikit yang bertanya apakah angka tersebut mampu membentuk herd immunity?

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan herd immunity baru bisa tercapai jika penularan Corona yang terjadi di masyarakat sudah sangat rendah, atau bahkan tidak ada sama sekali.

"Jadi vaksinasi yang dilakukan di masa pandemi ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok. Kekebalan kelompok tersebut ini terbentuk berawal dari individu yang divaksin," bebernya dalam keterangan siaran pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, herd immunity bisa terbentuk tanpa harus memvaksinasi semua warga di Indonesia. Hal ini dikarenakan beberapa kriteria terkait penerima vaksin Corona khususnya yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

"Indonesia melakukan vaksinasi dengan memprioritaskan kelompok masyarakat tertentu yang memiliki risiko tertular COVID-19 yang lebih tinggi dari yang lainnya dan memenuhi syarat," katanya.

Sementara itu, Prof Wiku menegaskan efektivitas vaksin Corona Sinovac baru bisa terlihat saat sudah melakukan pemantauan dalam beberapa waktu pada warga yang sudah divaksinasi.

"Angka efikasi 65,3 persen ini adalah hasil uji klinis, efektivitas vaksin ini akan diketahui setelah dilakukan pemantauan efek perlindungannya di masyarakat yang divaksinasi dalam kurun waktu tertentu," paparnya.

"Herd immunity akan tercapai jika penularannya menurun terus menerus sampai sangat minimal atau tidak ada sama sekali," pungkasnya.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)