Kamis, 14 Jan 2021 09:56 WIB

Disuntik Hari Ini di RSCM, Wamenkes Ungkap Rasanya Vaksin COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menerima Vaksin COVID-19 Wamenkes dr Dante Saksono. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono menerima vaksin COVID-19 bersama dengan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Program vaksinasi ini dilakukan di seluruh Indonesia dengan prioritas tenaga kesehatan pada tahap pertama.

Seusai menerima suntikan vaksin, dr Dante menceritakan rasanya. Ia mengaku tidak merasakan apa-apa usai disuntik karena dokter yang melakukan imunisasi tersebut adalah orang yang ahli di bidangnya.

"Mudah-mudahan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi yang saya alami," ungkapnya saat menghadiri program vaksinasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Kamis (14/1/2021).

Meski tidak mengalami keluhan apapun, Wamenkes tetap harus mengikuti prosedur yakni menjalani observasi efek samping selama 30 menit setelah vaksinasi dilakukan.


"Ya jadi sekarang saya rasanya biasa-biasa saja. Jadi tidak ada rasa sakit, tidak ada rasa pegal, tidak ada demam. Sampai sekarang biasa-biasa saja," tegasnya dr Dante.

"Jadi ketakutan mudah-mudahan tidak ada, tetapi kita tetap observasi karena sudah disiapkan prosedur operasional untuk menjaga kalau ada efek samping akibat vaksinasi yang kita sebut sebagai kipi atau kejadian ikutan pasca vaksinasi. Jadi tetap diobservasi sesudah vaksinasi," imbuhnya.



Simak Video "Wamenkes Tegaskan Vaksinasi COVID-19 Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)