Kamis, 14 Jan 2021 11:48 WIB

Pengetahuan Raffi Ahmad Soal Fungsi Vaksin COVID-19 Dipertanyakan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Raffi Ahmad divaksin COVID-19 Foto: dok. Channel YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Viral Raffi Ahmad kumpul-kumpul tak menggunakan masker pasca divaksin. Ia termasuk salah satu yang menerima vaksin Corona pertama, berbarengan dengan Presiden Joko Widodo.

Banyak yang menyayangkan sikap Raffi Ahmad karena dinilai melanggar protokol kesehatan. Pasalnya, kekebalan usai divaksinasi COVID-19 tidak langsung muncul setelah disuntik vaksin dosis pertama.

Pakar biomolekuler Ahmad Rusdan Handoyo Utomo menegaskan fungsi vaksin COVID-19 tidak untuk mencegah infeksi. Artinya seseorang yang divaksin masih bisa terpapar COVID-19.

"Iya itu makanya pelajaran pahitnya bisa jadi mungkin Raffi Ahmad itu dapat pengetahuan yang tidak utuh tentang vaksin ini," kata Ahmad saat dihubungi detikcom Kamis (14/1/2021).

"Karena kan banyak masyarakat yang saya yakin sih mereka itu tahunya kalau sudah divaksin itu kebal sekaligus dari infeksi, nah saya nggak tahu apakah mas Raffi itu dapat nggak info itu," lanjutnya.

Ahmad memaparkan, vaksin Corona hanya mampu mencegah gejala COVID-19 berat, sehingga nantinya pasien Corona kecil kemungkinan perlu dirawat di RS karena COVID-19. Ia juga menekankan pemerintah harus tegas untuk memberikan sanksi pada Raffi Ahmad.

"Pemerintah harus tegas apalagi di foto itu berkerumun kan, dan mereka tidak menggunakan masker, yang pakai cuma dikit kan, tolong berikan apa namanya sanksi yang sepadan lah, karena supaya jadi pelajaran melakukan 3M pasca vaksinasi itu serius," tegasnya.



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)