Kamis, 14 Jan 2021 13:30 WIB

Jadi Alasan Raffi Ahmad Copot Masker, Ini Risiko Penularan COVID-19 Saat Makan

Firdaus Anwar - detikHealth
Raffi Ahmad divaksin COVID-19 Raffi Ahmad beralasan sedang makan saat berfoto. (Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Artis sekaligus influencer Raffi Ahmad jadi sorotan karena disebut menghadiri pesta tanpa masker usai menerima vaksin Corona COVID-19. Raffi memberikan klarifikasi, minta maaf atas kelalaiannya dan berjanji akan berusaha lebih baik menaati protokol kesehatan.

Raffi menyebut saat itu sedang menghadiri acara yang diadakan di kediaman pribadi orang tua salah satu temannya. Ia melepas masker karena sedang makan, lalu berfoto.

"Kondisinya memang sebelum masuk rumahnya mengikuti protokoler. Tetapi pas di dalam kebetulan saya sedang makan, tidak pakai masker, dan ada yang foto," kata Raffi dalam video yang diunggah akun Instagram raffinagita1717 dan dikutip pada Kamis (14/1/2021).

Ahli menyebut ada beberapa titik lengah yang kadang tidak disadari oleh masyarakat rentan jadi pintu masuk infeksi COVID-19. Salah satunya adalah saat makan bersama dan berfoto tanpa pakai masker.

Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, Ratri S Survivalina, pernah menjelaskan bahwa kegiatan makan bersama ini jadi pendorong tingginya kasus COVID-19 di keluarga dan tempat kerja.

"Karena pada waktu makan itu biasanya pada buka masker. Kemudian pada saat makan bersama di situ biasanya terjadi ngobrol ya dan itu ternyata disinyalir menjadi salah satu sumber penularan yang utama di klaster keluarga maupun di klaster tempat kerja," kata wanita yang akrab disapa Lina ini.

"Sehingga untuk mewaspadai penularan di klaster keluarga dan di tempat kerja ini sebaiknya untuk makan bersama itu mulai dihindari. Kalaupun memang tidak bisa dihindarkan itu posisinya supaya jangan berhadapan. Jadi makan bersama itu posisinya saling membelakangi, sehingga potensi penularan ini benar-benar bisa dihindarkan," imbaunya.



Simak Video "Respons Satgas COVID-19 Lihat Ulah Raffi Ahmad Usai Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)